Student Exchange MIP-UMY dengan USM Penang

Juli 5, 2012 oleh : BHP UMY

Antara tanggal 20 hingga 27 Juni 2012 lalu sebelas mahasiswa Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) angkatan 2011/2012 dengan dipimpin Sekretaris Prodi Dr. Dyah Mutiarin melaksanakan Student Exchange Program dengan Master of Social Science in Gender Studies  KANITA, di Universiti Sains Malaysia ( USM) Penang, Malaysia dengan tema pelayanan publik terhadap perempuan. Selama program berlangsung, para mahasiswa MIP sangat antusias mengikuti perkuliahan yang menggabungkan berbagai metode pembelajaran seperti diskusi, tugas terstruktur, presentasi dan site visit ke instansi-instansi pemerintah di Penang, Malaysia. Selain diisi oleh dosen-dosen USM perkuliahan juga disampaikan oleh para birokrat, pegiat gender, serta aktivis pelayanan publik.

Direktur KANITA USM Prof. Datin Rashidah Shuib menyampaikan bahwa KANITA USM menyambut baik program Student Exchange ini sebagai upaya nyata kerjasama akademik antara USM dengan MIP UMY. KANITA USM yang berkonsentrasi pada pemberdayaan perempuan dan pelayanan publik berbasis gender dipilih sebagai universitas mitra karena dipandang mampu memberikan wawasan terhadap Mahasiswa Magister Ilmu Pemerintahan UMY. Hal ini penting mengingat perubahan paradigma pelayanan publik dengan menerapkan gender mainstreaming makin menjadi tuntutan yang harus segera direspon di Indonesia.

Dr. Ulung Pribadi selaku Ketua MIP UMY menambahkan bahwa sebagai program unggulan, student exchange tersebut diharapkan akan memberikan para mahasiswa pengalaman perkuliahan di luar negeri dan merasakan iklim akademik yang berbeda. Selain itu program student exchange tersebut dapat memperkuat networking internasional para mahasiswa peserta program yang akan bermanfaat dalam menunjang daya saing lulusan MIP UMY, khususnya dalam perencanaan pelayanan publik berbasis gender.

Sharing is caring!