Siswa SMK tertarik dengan Pengembangan Roket dalam Kompetisi KOMURINDO 2014

Agustus 16, 2014 oleh : BHP UMY

Pengembangan dalam penelitian roket dewasa ini semakin berkembang di kalangan Mahasiswa. Hal tersebut terbukti dengan tingginya animo Universitas dalam mengirimkan Mahasiswanya guna berpartisipasi dalam Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (KOMURINDO) 2014. Sebanyak 74 tim sangat antusias dalam mengulik roket agar hasilnya memuaskan dalam peluncuran. Ternyata, antusiasme dari para Mahasiswa untuk mengembangan roket ini juga menarik perhatian siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

“Ini kali pertama saya melihat kompetisi peluncuran roket dan ternyata sangat luar biasa menarik”, ujar Supriyadi, Siswa SMK 1 Puring di tengah-tengah peluncuran roket KOMURINDO 2014, Jum’at (15/8). “Kebetulan saya sangat menggemari penelitian karena sesuai dengan salah satu pelajaran saya,” ujar Supriyadi yang berasal dari jurusan Neotika Kapal Niaga.

Upaya yang sangat teliti yang dilakukan oleh para peserta KOMURINDO dalam mempersiapkan roket mulai dari merancang, merakit, melakukan ujicoba, hingga melalukan peluncuran ternyata diapresiasi oleh Supriyadi yang saat ini duduk di kelas 2 SMK. “Pastinya para peserta KOMURINDO ini sudah sangat mempersiapkan diri dengan matang. Upaya mereka membuat saya terinsipirasi untuk melakukan penelitian yang serupa,” terangnya.

Supriyadi juga berharap agar pelaksanaan KOMURINDO bisa berlangsung rutin di setiap tahunya. “Akan sangat bermanfaat apabila kompetisi ini bisa berlangsung rutin setiap tahun,” ungkapnya. Ia juga mengapresiasi UMY sebagai tuan rumah yang telah berhasil menyelenggarakan kompetisi KOMURINDO dan KOMBAT 2014 ini.

Sharing is caring!