Silahturrahim Dengan Anggota TNI, UMY adakan “Green Campus 2014”

Agustus 29, 2014 oleh : BHP UMY

Civitas akademika UMY, anggota TNI serta Polsek Bantul tengah bersiap untuk melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar kampus

Setelah meraih penghargaan Green Campus 2014 dari Indonesia Green Award, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terus menunjukkan kepeduliannya terhadap kehijauan lingkungan kampusnya. Kali ini bersama-sama dengan anggota TNI Kodim 0729 Bantul dan Kapolsek Bantul, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada Jumat (29/8) menyelenggarakan “Green Campus 2014” bersama seluruh civitas akademika kampus UMY untuk bergotong royong membersihkan lingkungan Kampus Terpadu UMY.

Kegiatan “Green Campus 2014” ini diawali dengan senam bersama dan dilanjutkan dengan serah terima seratus pohon Trembesi dari KODIM 0729 Bantul yang langsung diserahkan oleh Komandan Kodim 0729 Bantul, Letnan Kolonel Kaveleri Tumadi dan diterima oleh Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P.

Dalam sambutannya, Tumadi mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada UMY yang telah menerima anggotanya untuk mengadakan penghijauan bersama-sama di kampus UMY. Sebab menurutnya, ketika masih masa pemerintahan orde lama, kampus tidak bisa bekerjasama dengan TNI. Karena dulu, kampus itu tertutup untuk ABRI dan TNI. “Saya ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada UMY yang telah menerima anggota kami untuk mengadakan penghijauan bersama-sama di kampus ini. Karena lewat acara ini menunjukkan bahwa sebenarnya kampus dengan anggota TNI itu juga bisa bekerja bersama-sama​,” paparnya.

Tumadi juga menyatakan bahwa dirinya percaya kampus merupakan tempat pencetak generasi pemuda yang dapat memimpin masa depan. “Saya percaya, kampus adalah tempat untuk mencetak generasi muda yang dapat memimpin masa depan bangsa. Karena kampus itu merupakan tempat yang strategis untuk membantu pemerintah dalam melakukan pembangunan bagi negara. Dari sanalah generasi muda yang diharapkan oleh masa depan bangsa, akan lahir,” paparnya.

Tumadi juga berharap, kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan sekali saja, namun juga dapat berjalan seterusnya. “Sehingga melalui kegiatan semacam ini lingkungan di sekitar kampus, khususnya kampus UMY dapat terjaga dengan baik,” imbuhnya.

Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP juga berharap kegiatan yang bertemakan “UMY Green Campus 2014” ini dapat memicu mahasiswa untuk lebih peduli kepada lingkungan. “Dengan demikian kita dapat mempertahankan gelar “Green Campus Award” yang sudah tiga kali berturut-turut diperoleh UMY. Selain itu, tujuan dari kegiatan ini juga untuk menyatu padukan program yang dimiliki Kodim yaitu Jumat Bersih, Sabtu Hijau, dan Minggu sehat,” ungkapnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh 100 dosen dan karyawan, 100 mahasiswa UMY, 50 anggota TNI Kodim Bantul, serta 30 Musyawarah Pimpinan Daerah Bantul (MUSPIDA) ini berjalan dengan sangat meriah. Dalam kegiatan ini, sebanyak 100 pohon juga ditanam tepatnya di utara lapangan bola UMY. Penanaman 100 pohon tersebut dilakukan oleh Wakil Rektor I UMY, Dr. Gunawan Budiyanto, MP,Letnan Kolonel Kaveleri Tumadi, serta dibantu oleh para dosen, karyawan, mahasiswa, anggota TNI Bantul, dan anggota Polsek Bantul.

Sharing is caring!