Sikapi Perkembangan Budaya Jepang di Tanah Air, Prodi PBJ UMY Adakan Seminar Penelitian Budaya Jepang Bersama ASJI DIY

Mei 16, 2019 oleh : BHP UMY

Perkembangan budaya Jepang di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan dalam satu dekade terakhir. Ketertarikan terhadap budaya Jepang menyebabkan banya orang mengkaji bahasa, sejarah, politik, dan ekonomi. Untuk itu, Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (Prodi PBJ) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersama Asosiasi Studi Jepang Indonesia (ASJI) Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengadakan seminar beberapa waktu lalu di Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Sabtu (11/05). Tema yang diangkat adalah “Satu Dekade Kajian Jepang di DIY”.

Ketua ASJI Wilayah DIY, Drs. Eman Suherman, M.Hum. menuturkan, minat masyarakat untuk mempelajari bahasa Jepang meningkat dengan pesat. Selain itu, dengan dibuka selebar-lebarnya lapangan pekerjaan di Jepang bagi pekerja asal mancanegara menyebabkan orang yang berasal dari kalangan pelajar ataupun bukan untuk mepelajari bahasa dan lainnya. “Perkembangan minat orang untuk mempelajari bahasa Jepang terus bertambah, itu bisa kita lihat dari ketertarikan belajar bahasa di pendidikan formal atau non formal. Di beberapa kampus membuka pendidikan bahasa bagi siapa saja yang terarik bahasa dan ingin bekerja di Jepang. Apa pun latar belakangnya, tidak harus dari pendidikan bahasa Jepang yang penting tertarik maka akan diberi pelatihan,” ujarnya.

Seminar ini juga turut menghadirkan delapan orang peneliti yang berasal dari berbagai lembaga pendidikan untuk mempresentasikan hasil penelitiannya yang berkaitan dengan budaya Jepang. Para peneliti ini memaparkan hasil penelitiannya meliputi kajian bahasa, satra, budaya, dan sejarah.

Eman Suherman berharap dari hasil penelitian yang dipresentasikan dapat menghasilkan book chapter dan kedepannya dapat dipublikasikan ke jurnal yang terakreditasi internasional. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa seminar yang diadakan kali ini merupakan ajang pemanasan untuk menyambut seminar internasional ASJI yang akan dilaksanakan pada akhir tahun 2019 di Kota Makassar.

Sementara itu Ketua Panitia Seminar yang juga menjadi dosen PBJ UMY, Sonda Sanjaya, S.S., M.Pd. menuturkan bahwa Prodi PBJ UMY berkomitmen untuk selalu berperan aktif dalam perkembangan pendidikan bahasa Jepang pada tingkat provinsi maupun nasional. “Kami bekerja dengan ASJI, supaya nanti UMY bisa lebih berperan aktif dan menghasilkan sesuatu yang nyata bagi perkembangan pendidikan Jepang yang semakin berkembang ini,” tuturnya.(ak)