Savanna PBI UMY Unjuk Gigi di Mimbar Pertunjukan Sastra 2017

September 18, 2017 oleh : BHP UMY

Kelompok Sastra Multi Bahasa Savanna Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UMY ikut unjuk gigi dalam pagelaran Mimbar Pertunjukan Sastra 2017. Pagelaran sastra tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY bekerjasama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Yogyakarta, dalam rangka memperingati Hari Radio ke-72 dan mengapresiasi karya sastra. Acara tersebut digelar pada Jum’at (15/9) di halaman RRI Pro 2 Yogyakarta.

Selain Savanna PBI UMY, tiga kelompok Sastra Multi Bahasa lainnya juga ikut terlibat dalam acara ini, yakni Regenbogen Pendidikan Bahasa Jerman UNY, Kamasutra Sastra Jawa UGM, dan Mahasiswa Cina Sastra Indonesia UAD. Menurut Puthut Ardianto, M.Pd. dosen PBI UMY dalam rilis yang diterima oleh Biro Humas UMY pada Senin (18/9), masing-masing kelompok menampilkan karya sastranya dengan ciri khas masing-masing negara. “Hal yang unik ditampilkan oleh Savanna Pendidikan Bahasa Inggris UMY. Dimana klub drama ini memiliki misi untuk memperkenalkan karya sastra nusantara yang dikemas dalam bahasa Inggris dengan konsep drama musical,” ujarnya.

Selain itu, dalam Mimbar Pertunjukan Sastra 2017 tersebut, Savanna PBI UMY mengangkat cerita rakyat dari Jawa berjudul Roro Jonggrang. Naskah berbahasa Inggris yang dipentaskan oleh mahasiswa PBI UMY tersebut ditulis oleh Puthut, dengan durasi 16 menit diiringi oleh permainan musik. “Kami berlatih selama sepuluh hari mulai dari pembagian peran, pembacaan naskah, koreografi, dan komposisi musik,” tambah Puthut lagi yang juga bertindak selaku sutradara dalam pementasan drama musical ini.

Sementara itu, Lutfhiana Umahati, pemeran Roro Jonggrang mengakui bahwa sekalipun waktu latihan yang mereka tempuh sangat singkat, hanya sepuluh hari, namun mereka dapat menyuguhkan penampilan terbaik bagi penonton. “Dengan usaha dan kerja keras, waktu sepuluh hari untuk latihan ternyata mampu menyuguhkan tampilan terbaik sepanjang produksi klub drama Savanna. Klub drama Savanna selama dua tahun berdiri, sudah berhasil membuat empat buah produksi drama,” imbuhnya.

Pementasan drama dari klub drama Savanna ini juga dihadiri oleh Dekan FPB UMY, Kaprodi PBI UMY dan beberapa dosen PBI UMY, untuk memberikan dukungan bagi mahasiswa-mahasiswinya.