Rektor UMY dan Wakil Bupati Lombok Timur Tandatangani Nota Kesepahaman Pengabdian Masyarakat

September 6, 2017 oleh : BHP UMY

Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) DR. Ir. Gunawan Budiyanto, MP bersama Wakil Bupati Lombok Timur Drs. Khairul Warisin, M.Si menandatangani Nota Kesepahaman yang berisi tentang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut dilakukan di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat pada Rabu (6/9).

Tujuan Nota Kesepahaman tersebut adalah untuk menjalin kerjasama dalam rangka penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Lombok Timur. Selain itu juga bertujuan untuk mensinergikan peran dan fungsi masing-masing pihak dengan prinsip saling menguntungkan bagi peningkatan pembangunan, pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di Lombok Timur.

“Kami ingin menjembatani perlindungan terhadap mahasiswa didik kami agar berada di bawah naungan hukum yakni Pemda (Pemerintah Daerah). Harapan kedepan, luaran dari pertemuan ini tidak hanya sebatas pelaksanaan program KKN, namun juga lebih kepada penelitian dan pengembangan dalam hal lainnya,” ungkap Gunawan.

Nota kesepahaman tersebut belaku selama 1 tahun yang ruang lingkupnya meliputi bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat, serta penanggulangan kemiskinan.

Dalam sambutannya, Khairul Warisin menyambut baik adanya nota kesepahaman tersebut. “Harapannya keberlanjutan kemitraan dengan UMY tetap terjalin, terlebih fokus terhadap pariwisata dan pertanian. Dengan melewati tahap ini, mahasiswa UMY dapat terbuka alurnya secara legal dan di bawah naungan Pemda dalam melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Lombok Timur,” paparnya.

Tahun ini merpuakan tahun kedua bagi UMY melaksanakan kegiatan dalam bentuk pengabdian masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun setelah sebelumnya dengan program yang sama dilaksanakan di desa Sembalun Bumbung.