Rektor UMY Lepas 1200 Mahasiswa KKN Reguler dan Internasional

Januari 11, 2019 oleh : BHP UMY

Sebanyak 1200 mahasiswa diterjunkan Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 300 lokasi yang tersebar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Keberangkatan mereka pada Selasa (8/1) dilepas oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P. di lantai dasar masjid K.H Ahmad Dahlan UMY.

Dalam sambutanya Dr. Ir. Gunawan Budiyanto mengatakan, KKN merupakan suatu program dari kampus yang bertujuan untuk melatih dan mempersiapkan mahasiswa-mahasiswa UMY untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Sebagai bentuk dari Catur Dharma UMY yang meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian, serta Al Islam dan Kemuhammadiyahan. “KKN menjadi kesempatan yang baik untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengasah daya fikir, daya nalar, dan kemampuan untuk bernegosiasi dengan masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, mahasiswa juga dihimbau oleh rektor untuk mengabdi dan memproyeksikan segala ilmu yang telah didapatkan dalam perkuliahan atau di luar perkuliahan saat KKN dengan tidak melupakan ajaran Islam sehingga berguna bagi masyarakat. “KKN ada untuk kemaslahatan umat, sesuai dengan visi UMY yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan ajaran Islam untuk kemaslahatan umat. Kalian sebagai mahasiswa UMY juga harus berguna bagi yang lain,” jelasnya.

Selama satu bulan penuh mereka akan mengabdi di lokasi yang telah ditentukan untuk masing-masing kelompok KKN. Dikatakan oleh Dr. Aris Slamet Widodo, S.P, M.Sc dari divisi pengabdian mahasiswa Lembaga penelitian, Publikasi & Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMY, pada periode semester genap ini terdiri dari KKN Reguler sebanyak 1065 mahasiswa, KKN internasional learning express sebanyak 28 mahasiswa, dan kkn Internasional Johor sebanyak 33 mahasiswa.

Aris juga menambahkan KKN regular UMY akan dilaksanakan di 4 kabupaten yang ada di Daerah Khusus Istimewa Yogyakarta (DIY) antara lain Bantul, Kulonprogo, Sleman, dan Gunung Kidul. Sedangkan KKN Internasional learning express akan di laksanakan di Kabupaten Kulonprogo Kec. Kalibawang Desa Banjaroyo, sementara itu KKN internasional Johor akan dilaksanakan di Johor, Malaysia. (Pras)