Rektor Resmikan Agenda UMY Sehat dalam Family Day

April 9, 2018 oleh : BHP UMY

Dalam rangka memperingati Milad-nya yang ke 37, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan acara Family Day pada hari Minggu (8/4) sebagai salah satu rangkaian agendanya. Agenda ini merupakan kegiatan tahunan milad UMY yang dapat diikuti oleh karyawan dan dosen UMY bersama dengan keluarganya.

Rangkaian acara yang dilaksanakan adalah berupa sepeda sehat dan lomba-lomba. Lomba tersebut antara lain lomba memancing, lomba mewarnai, lomba karaoke, undian berhadiah, dan berbagai kegiatan lainnya. Pada kesempatan ini Rektor UMY, Dr. Ir Gunawan Budiyanto, M.P., juga meresmikan program UMY Sehat.

Acara yang dimulai pada pukul 06.30 pagi tersebut diawali dengan melakukan Sepeda Sehat bersama dengan pimpinan, karyawan beserta keluarga mengelilingi wilayah sekitar UMY. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan peresmian program UMY Sehat oleh Rektor. “30 hingga 50 tahun lalu, penyakit yang biasanya menjangkiti masyarakat berasal dari lingkungan yang bisa disebabkan oleh bakteri, virus, atau sanitasi yang buruk. Namun saat ini, penyakit yang sering terjadi pada masyarakat kebanyakan disebabkan oleh pola hidup yang buruk terlebih mengenai perilaku konsumsi kita. Penyakit jantung, kolesterol tinggi dan lainnya ini merupakan hasil dari tidak ketidakteraturan ini. Karena itu selama setahun terakhir UMY mulai melakukan pembaharuan sarana olahraga yang ada di kampus agar dapat diakses dengan lebih leluasa untuk seluruh civitas akademika UMY,” ungkap Gunawan.

“Selain pembaharuan sarana olahraga seperti GOR dan lapagan sepak bola di utara kampus, kita juga berencana untuk membangun sarana olahraga kecil di beberapa titik kampus lainnya. Seperti pembangunan lapangan kecil untuk basket 3-on-3, perluasan jogging track, dan lainnya. Dalam pencanangan UMY Sehat kita juga akan mengadakan agenda sepeda sehat bersama setiap minggunya. Tubuh kita sudah terlalu banyak memanfaatkan fasilitas otomatis yang ditawarkan teknologi, karena itu agenda UMY Sehat ini adalah usaha kita untuk menjaga tubuh untuk tetap bugar dalam bekerja,” jelas Gunawan. Rektor bersama dengan Ketua Panitia Milad UMY, Ir. Tony Khristanto Hariadi, M.T., juga melakukan penyerahan baksos berupa bantuan bahan pokok secara simbolis kepada warga sekitar UMY.

Selain sepeda sehat, juga diadakan lomba memancing yang dapat diikuti oleh keluarga civitas akademika UMY, lalu lomba mewarnai untuk anak-anak, dan kompetisi karaoke. Kemudian juga diumumkan pemenang dari kompetisi menyanyi UMY Idol beserta penyerahan Trofi Rektor kepada para pemenang, baik dari karyawan dan juga mahasiswa. Diharapkan melalui agenda Family Day ini, ukhuwah yang terjalin diantara keluarga UMY menjadi semakin kuat. (raditia)