Rabu Depan, Jemaah Umroh UMY Siap Diberangkatkan

Januari 6, 2015 oleh : BHP UMY

 

Drs. Gita Danupranata, M.M, saat membuka acara pelepasan Jamaah Umroh Keluarga Besar UMY di AR. Fachruddin A Lt 5 UMY

Drs. Gita Danupranata, M.M, saat membuka acara pelepasan Jamaah Umroh Keluarga Besar UMY di AR. Fachruddin A Lt 5 UMY


Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tahun ini kembali memberangkatkan dosen dan karyawan berprestasi untuk menunaikan ibadah umroh ke tanah suci Mekah. “Insya Allah keluarga besar UMY akan melaksanakan ibadah umroh selama 2 minggu yaitu pada 14-25 Januari 2015,” jelas Drs. Gita Danupranata, M. M selaku Kepala Biro SDM UMY saat membuka acara Pelepasan Umroh  Keluarga Besar UMY hari Selasa (6/1) di AR Fachrudin A Lt. 5. 

Turut hadir memberikan sambutan, Drs. H. Rosyad Sholeh selaku Ketua BPH UMY mengucapkan selamat jalan kepada para jemaah umroh keluarga besar UMY. Pada kesempatan itu Rosyad juga berpesan agar para jemaah umroh bisa khusyuk beribadah serta memanfaatkan waktu sebaik mungkin, ” ibadah umroh ini bukan seperti wisata ketempat biasa tetapi ibadah umroh ini merupakan kegiatan ziarah ketempat yang suci. Saya juga berdoa agar semua jemaah umroh selalu diberikan kemudahan, kelancaran, kesehatan, dan keselamatan baik dalam perjalanan maupun dalam melaksanakan ibadah umroh,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Prof. Dr. Bambang Cipto, M. A selaku Rektor UMY berpesan kepada para jemaah umroh untuk memanfaatkan kesempatan umroh ini sebaik mungkin bahkan beliau juga mengingatkan bahwa setiap gerakan ibadah selama umroh mengandung makna religius, “Gerakkan tawaf yang kita anggap gerakkan biasa, namun sebenarnya gerakkan yang mengikuti jarum jam ini memiliki makna bahwa Allah menyuruh kita untuk terus bergerak dan berprestasi. Manfaatkanlah kesempatan ini sebaik mungkin karna kalian merupakan orang-orang terpilih yang diberikan kesempatan untuk beribadah dan berkunjung ke tanah suci. Saya harap sepulangnya kalian dari tanah suci kalian bisa lebih bekerja lebih baik lagi, “ harapnya.

Hadiah umroh yang diberikan kepada dosen dan tenaga kependidikan tersebut adalah program baru. Sebab sebelumnya, hadiah yang diberikan UMY kepada dosen dan tenaga kependidikan yang berprestasi itu dalam bentuk hadiah ibadah Haji. Namun, karena sekarang waktu yang dibutuhkan untuk pemberangkatan calon jama’ah haji itu lama, maka kebijakan universitas menggantikan hadiah haji tersebut dengan ibadah umroh. Karena untuk ibadah umroh tidak memerlukan waktu tunggu yang lama. Selain itu, jatah yang diberikan pun bisa lebih banyak. Kebijakan pemberian hadiah umroh tersebut sudah berjalan selama tiga tahun terhitung sejak 2012.
Para periode 2015 keluarga besar UMY yang akan berangkat sebanyak 39 orang. Sebanyak 20 orang yang terpilih terdiri dari dosen tetap dan tenaga kependidikan yang mendapatkan hadiah umroh berdasarkan kriteria senior, yang dilihat dari segi pengalaman kerja, usia dan lama pengabdiannya yakni Ir. Haryono, MP., Dra. Mutia Hariati H, M.Si., Misbahul Anwar, Endang Heriani, SH, M.Hum., dan Ir. Slamet Suripto. Kemudian untuk tenaga kependidikan diberikan kepada Suwandi, Sunarti, Suci Rahayu, Sadad, Suhastoro, dan Sumaryono. Sementara untuk penerima umroh kriteria dosen dan tenaga kependidikan berprestasi diberikan kepada Dra. Retro Widowati, Ph.D., Innaka Ageng Rineksane, Drs. Bambang Rahmanto, Tatang Suprono, dan Muh. Kurniawan. Juga tambahan 5 orang yang beruntung di Milad UMY ke – 33 yakni Triyatno Darmo Wiyono, Hariyono Atmo, Ilham Rizqi Nur Rahman, Rizqi Amalia Sujud dan Ispardi Mardiyono dan terakhir Kasimin Reja Wijana karena massa pengabdiannya di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.