Pustakawan UMY Raih Juara 1 IALA 2018 Tingkat Nasional

September 10, 2018 oleh : BHP UMY

Pustakawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Arda Putri Winata sukses menyabet Juara 1 Indonesian Academic Librarian Award (IALA) 2018 tingkat nasional, yang diselenggarakan oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur.

Arda Putri Winata berhasil melaju ke Tingkat Nasional dengan mewakili FPPTI Provinsi DIY untuk kejuaraan Indonesian Academic Librarian Award 2018. Untuk bisa masuk ke babak final, Arda menyebutkan terdapat seleksi panjang yang harus dilaluinya, hingga diumumkan pemenangnya pada 5 September 2018.

IALA 2018 tersebut diikuti oleh lima finalis yaitu pustakawan dari Universitas Bina Nusantara yang mewakili DKI Jakarta, Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang mewakili Jawa Timur, Universitas Muria Kudus mewakili Jawa Tengah, Universitas Padjadjaran mewakili Jawa Barat, dan UMY yang mewakili DIY sebagai juara 1. Arda berhasil mengalahkan pustakawan Binus yang menjadi juara kedua dan pustakawan Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang menjadi juara ketiga, dengan penilaian skor yang didapatnya sebesar 4766.

Sementara untuk metode penilaiannya sendiri, ada tiga kategori yakni Portofolio, Presentasi Karya Unggulan, dan FGD (Forum Group Discussion). UMY yang diwakili oleh Arda Putri Winata mempresentasikan karya unggulan di depan juri dengan judul “Dinamika Daftar Pustaka Mahasiswa Setelah Terbit SK Rektor Tentang Penggunaan Jurnal.”

Mendapat Juara 1 Tingkat Nasional, Arda mengaku bahagia dengan prestasi yang didapatnya sekaligus berharap hal ini akan membuka wawasan mengenai arti Pustakawan sebenarnya. “Harapan saya setelah mengikuti kejuaraan ini, kita bisa membuka mata dunia bahwa Pustakawan itu bisa menjadi partner penelitian dosen, karena kami mampu melakukan itu. Jadi Pustakawan UMY bisa maju,” tutur Arda saat ditemui di ruang Perpustakaan UMY, Sabtu (8/9).

Hal senada juga disampaikan Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Lasa HS, MSi. Ia mengharapkan dengan diraihnya gelar juara pertama tersebut, perpustakaan UMY bisa semakin mewujudkan visi misi UMY. “Dengan ini kami berharap perpustakaan UMY bisa selalu mengikuti visi misi UMY yang Unggul dan Islami. Untuk bisa kompetitif dan berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khairat). Serta mewujudkan visi perpustakaan UMY yakni unggul dalam penyampaian informasi Kemuhammadiyahan, Keislaman dan Ilmu Pengetahuan berbasis IT melalui berbagai kerjasama,” imbuhnya. (Habibi)