Profesi Industri Sawit kurang diminati

Juli 6, 2011 oleh : BHP UMY

Profesi planters atau pekerja industri perkebunan saat ini jarang diminati lulusan Perguruan Tinggi karena dianggap kurang menjanjikan dibandingkan profesi lain seperti industri perbankan atau kedokteran.

Demikian disampaikan Chief Human Capital Officer PT. Astra Agro Lestari Tbk, Awan Karnajaya dalam  penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan PT. Astra Agro Lestari Tbk Kamis (30/6) di Kampus Terpadu UMY.

Padahal dalam penuturannya industri sawit saat ini merupakan industri yang menarik memiliki prospek yang baik dan menjanjikan. Selain itu pemikiran-pemikiran lulusan perguruan tinggi sangat dibutuhkan dalam pengembangan perusahaan baik ketika melakukan ektensifikasi maupun intensifikasi usaha. “Terutama dalam hal teknik dan mekanisasi lapangan,”ujarnya.

Sementara itu Direktur Human Capital & General Affair PT Astra Agro Lestari Tbk Jamal Abdul Nasser menambahkan saat ini kemampuan mengelola sumber daya alam sangat diperlukan untuk kemajuan bangsa Indonesia. “Semua pihak termasuk industri dan akdemisi harus bekerja sama lebih intensif lagi untuk meningkatkan kemampuan tersebut.  Dengan kerjasama  antara UMY dan PT Astra ini diharapkan banyak keuntungan yang bisa diperoleh bersama,”urainya.

Kerjasama antara UMY dan PT. Astra Agro Lestari ini ini akan meliputi empat bidang yaitu program magang intensif bagi mahasiswa UMY, early recruitment program atau program perekrutan awal. “Kemudian ada kuliah umum dan sharing tentang industri sawit serta penelitian,”tambahnya.

Dalam sambutannya Rektor UMY, Ir. Dasron Hamid, M.Sc menyatakan untuk berkembang lebih baik, dunia industri memerlukan kontribusi pemikiran dari lembaga pendidikan tinggi. “Diperlukan kontribusi pemikiran dari lembaga pendidikan tinggi. Sehingga kerjasama seperti ini mutlak diperlukan. Agar dapat memberikan keuntungan bersama bagi kedua belah pihak serta memberikan kontribusi besar  untuk bangsa Indonesia.”tegasnya.

Turut hadir dalam acara ini Dekan Fakultas Teknik UMY  Ir. Toni K Haryadi, MT dan Dekan Fakultas Pertanian UMY Ir. Agus Nugroho Setiawan.

Sharing is caring!