Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono, Dosen Berprestasi Terbaik Kopertis Wilayah V Provinsi DIY 2012

Ajak Dosen Perbanyak Penelitian Berkualitas Internasional

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menorehkan prestasi melalui salah satu dosen tetapnya, Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono yang terpilih sebagai Dosen Berprestasi Terbaik Kopertis Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2012. Ketua Program Magister Manajemen (MM) UMY ini dipilih berdasarkan Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta No. 070/PDB/V/2012 tanggal 8 Mei 2012.

Ditemui di Ruang Magister Manajemen Kampus Terpadu UMY, Sabtu (19/5), Heru mengatakan bahwa penelitian menjadi salah satu fokus yang harus digalakkan oleh pendidik perguruan tinggi. Tidak hanya melakukan penelitian, ia mengajak para akademisi berupaya mengadakan penelitian yang dipublikasikan di jurnal internasional. Dengan demikian, akan jelas terlihat prestasi akademik para dosen di lingkungan universitas.

Penelitian memang menjadi modal diajukannya Heru oleh UMY untuk mengikuti ajang akademisi Berprestasi tingkat Kopertis Wilayah V DIY ini. Dengan hibah yang diperoleh Heru seperti Hibah bersaing Dikti (2009), Hibah Fundamental (2010,2011) dan Hibah Departemen Agama (2011), beberapa penelitiannya dipublikasikan di sejumlah jurnal internasional seperti International Journal of Information and Management Sciences (2011) dan USA-China Business Review (2010). “Termasuk terindeks di Scopus, salah satu database internasional yang memuat artikel dan jurnal akademis para peneliti dunia. Dengan terindeks di Scopus, berarti penelitian kita memiliki kualifikasi tinggi” jelasnya.

Upaya menggalakkan penelitian ini menurut Heru, dapat dilakukan dengan dukungan berbagai pihak, termasuk universitas. Universitas diharapkan dapat membentuk sistem yang mendorong dosen untuk melakukan penelitian berkualitas internasional. “Saya terinspirasi tagline UMY, Muda mendunia. tagline ini menjadi sebuah metafora luar biasa untuk diterjemahkan secara positif. Terutama dalam globalisasi, kampus yang unggul adalah yang fokus hingga dunia internasional” terangnya.

Penelitian-penelitian Heru, menurutnya, dalam tiga tahun terakhir juga setidaknya mengantarkan Heru empat kali mempresentasikan peneilitiannya tersebut di Malaysia, Singapura, Taiwan dan beberapa negara lain. Ia juga berupaya mengeluarkan ide-ide yang ia miliki ke dalam buku, seperti buku Keadilan, Modal Sosial dan Outcomes yang ia garap 2009 silam. “Dengan begitu, akan ada pengaruh yang diperoleh masyarakat dari apa yang saya hasilkan. Saya mengharapkan hal tersebut”, terangnya

Selain itu, Heru juga berupaya melakukan sejumlah inovasi dalam pendidikan. Misalnya sebagai Ketua Program MM UMY, ia menjadi pelopor pengembangan mata kuliah khusus mengenai Kepemimpinan Inovasi dalam konteks bisnis dan kewirausahaan berbasis pada potensi holistik manusia.

“Mata kuliah ini didisain untuk mengoptimalkan potensi bawah sadar pelaku bisnis. Hasilnya pada tataran operasional MM UMY menjadi sekolah bisnis pertama memadukan soul-mind dan body melalui perkuliahan yang memadukan aspek kognitif dan afektif. Hal-hal semacam inilah yang harus dilakukan dosen demi menjalankan tugas pokok dosen yang tercantum dalam Tri Darma Perguruan Tinggi” pungkasnya.(fariz)


© 2013 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY | About the site