POLTEKES Tanjung Karang Lampung Tandatangani Kerjasama dengan UMY

Oktober 2, 2014 oleh : BHP UMY

Melihat perkembangan dan prestasi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), khususnya Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY, Politeknik Kesehatan (POLTEKES) Tanjung Karang Lampung tertarik untuk belajar dari FKIK UMY. POLTEKES Tanjung Karang Lampung, sebagai sebuah universitas yang sedang berkembang, mewujudkan upayanya ini dengan mengadakan kerjasama dengan UMY.

Itulah yang disampaikan oleh Direktur POLTEKES Tanjung Karang Lampung, Warjidin Alyanto, SKm,. M. Kes dalam lawatannya ke FKIK UMY yang disambut langsung oleh Rektor UMY Prof Bambang Cipto beserta jajaran Pimpinan FKIK UMY. Dalam lawatanya seluruh pimpinan dari masing-masing program studi POLTEKES Tanjung Karang juga turut hadir.

Prof. Dr. Bambang Cipto, MA selaku Rektor UMY dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya berharap dengan kehadiran jajaran POLTEKES Tanjung Karang di UMY dapat meciptakan wadah untuk saling belajar dalam mengembangkan kedua universitas. Dirinya juga berharap dengan adanya pertemuan dua pihak dari masing-masing jajaran kampus tersebut dapat menjadi semangat untuk terus mengembangkan universitas.

“Kami berharap dengan kehadirian bapak dan ibu di UMY bisa menjadi wadah untuk saling belajar, karena kami juga terus berusaha untuk mengembangkan Universitas. Kita semua juga harus bersemangat untuk saling mengembangkan pendidikan dan bisa ikut berpartisipasi ke arah World Class University,” ujarnya.

Bambang juga menambahkan, bahwa dalam 3 tahun ke depan, dokter sangat dibutuhkan karena era globalisasi bagi dunia kesehatan mulai terbuka. Ia berharap nantinya jangan sampai rumah sakit yang ada di Indonesia dikuasi oleh tenaga-tenaga kesehatan dari orang asing, karena hal itu dapat menggeser posisi strategis tenaga kesehatan Indonesia sendiri.

“Kita tahu bahwa dalam 3 tahun ke depan dokter sangat dibutuhkan dengan persaingan yang semakin ketat. Karena ‘kran’ global bagi dunia kesehatan mulai terbuka. Jangan sampai nanti orang-orang asing atau tenanga kesehatan asing yang bekerja di rumah sakit kita. Karena tenaga kesehatan kita tidak mampu untuk bersaing dengan mereka. Oleh karena itu penting bagi kita menyadari bahwa era World Class University sudah dimulai,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur POLTEKES Tanjung Karang, Warjidin Aliyanto mengungkapkan, bahwa dirinya mewakili kampusnya sangat berterimakasih sekali karena sudah diterima di UMY dan juga bersedia mengadakan sebuah Memorandum of Understanding (MoU). Dirinya juga berharap dengan adanya MoU ini nantinya UMY dapat membimbing Poltekes dan jika mendapatkan beberapa kesulitas dalam perkembangan kampusnya UMY dapat memberikan solusi alternatif.

“Alhamdulilah pada siang hari ini kami diterima, kita bisa melakukan sebuah MoU kerjasama agar kami bisa dibimbing. Dan jika nantinya kami mempunyai kesulitan, kami harap UMY bisa memberikan solusi alternatif untuk kesulitan kami. Selain itu, kami juga butuh koreksi dari UMY untuk kekuarangan-kekuarangan kami. Semoga kunjungan ini bisa menjadi ukhuwah bagi kita semua,” sambutnya. (Shidqi)