PIMNAS ke 25 UMY Sediakan Sajian Live Streaming

Juli 11, 2012 oleh : BHP UMY

Sebagai penyelenggara event akbar yang melibatkan peserta dari seluruh Indonesia, banyak inovasi yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Salah satunya adalah dengan menyediakan sajian live streaming presentasi peserta PIMNAS ke 25 UMY. Live streaming adalah inovasi untuk mempermudah pendistribusian video presentasi. Video presentasi dapat diakses di www.stream.umy.ac.id.

“Dengan disajikan secara live streaming, maka semua orang bisa mengakses video presentasi para peserta. Hal ini mempermudah pendistribusian video presentasi kepada dewan juri, rektor, sekretariat PIMNAS, hingga semua orang yang ingin melihat para peserta selama presentasi, walau pun berada di tempat lain. Tinggal buka internet, lalu pilih nama ruangan yang ingin dilihat,” ujar Hilmi Zain, S.T.,M.T., anggota Divisi Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) PIMNAS saat ditemui di Kampus Terpadu UMY, Rabu (11/7).

Menurut Hilmi, fasilitas live streaming ini juga bertujuan untuk melakukan internal monitoring pada setiap presentasi yang dilakukan oleh peserta. “Dengan live streaming, semua bisa ikut melihat dan memonitor jalannya pelaksanaan acara. Kita bisa melihat bagaimana peserta melakukan presentasi, juga bagaimana juri bekerja. Selain itu, karena panitia hanya mengijinkan orang tertentu untuk masuk ke ruang presentasi, dengan adanya video streaming ini semua orang bisa menonton,” Jelasnya.

Ketua Program Studi Teknologi Informasi UMY ini menambahkan, bahwa setiap ruangan yang digunakan untuk presentasi telah dipasang IP camera. “Penjelasan mudahnya, gambar yang didapat dari camera akan langsung diproses di media server, kemudian di-upload di website. Tentunya video akan melewati proses ” jelasnnya. Dia juga menambahkan bahwa video yang akan di-upload harus melewati compress dan coding supaya ukuran file tidak terlalu besar. Video sudah bisa dinikmati secara langsung dengan kecepatan internet minimal 400 kbps,” pungkas Helmi.

Sharing is caring!