Peringati Milad, TBM ALERT FKIK UMY Lakukan Berbagai Pemeriksaan Gratis

Oktober 23, 2018 oleh : BHP UMY

Guna memperingati milad yang ke – 19, Tim Bantuan Medis Asy – Syifaa’ Life Emergency Rescue Team (TBM ALERT) Fakultas Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY) mengadakan berbagai kegiatan sosial yang ditujukan kepada semua kalangan. Salah satunya adalah pemeriksaan mata gratis yang dilakukan pada Selasa (23/10) di Rang Skill Lab. FKIK UMY.

TBM ALERT merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Jurusan (UKMJ) yang ada di Program Studi Pendidikan Dokter yang bergerak di bidang kegawatdaruratan medis dan kegiatan sosial. Tema yang diambil pada rangkaian milad kali ini adalah “One For Humanity” yang bermakna kesuluruhan tubuh menjadi sehat mulai dari atas sampai bawah dan juga ditujukan bagi berbagai kalangan. Pemeriksaan mata gratis merupakan kegiatan sosial pertama dalam rangkaian milad TBM ALERT FKIK UMY karena bertepatan juga dengan Hari Mata Internasional.

“Sama seperti rangkaian milad sebelumnya, pada tahun ini kami juga mengadakan berbagai kegiatan sosial yang ditujukan untuk seluruh masyarakat. Periksaan mata gratis yang dilakukan pada hari ini adalah kegiatan pertama dan juga berdekatan dengan peringatan Hari Mata Internasional,” ujar Nadyla Kahar yang menjadi Ketua TBM ALERT saat ditemui di Ruang Skill Lab. FKIK UMY.

Nadyla pun menambahkan bahwa rangkaian kegiatan yang dilakukan TBM ALERT juga sebgai sarana pembelajaran langsung para anggota. Walaupun menjadi sara pembelajaran bagi mahasiswa, seluruh kegiatan medis yang dilakukan tetap diawasi oleh dokter ahli di bidang tersebut. “Karena kami mahasiswa kedokteran, kegiatan seperti ini merupakan sarana untuk mempraktikkan teori yang sudah didapatkan di dalam kelas. Akan tetapi, dalam setiap kegiatan medis yang kami lakukan pada rangkaian milad terdapat juga dokter ahli yang mengawasi seluruh kegiatan. Pada pemeriksaan mata kali ini, terdapat dokter spesialis mata yang membantu kelancaran kegiatan, yaitu dr. Yunani Setyandriana, Sp. M, dr. Ahmad Ikliuddin, Sp. M, dr. Nur Shani Meyda, Sp. M yang menjadi pengajar di FKIK UMY,” imbuhnya.

Setelah melaksanakan pemeriksaan mata gratis, TBM ALERT akan mengadakan Khittan masal pada bulan Desember, bakti sosial pada bulan Januari 2019, dan pemeriksaan kandungan pada bulan Februari tahun 2019. Kegiatan ini dapat diikuti oleh berbagai kalangan tanpa dipungut biaya sepeser pun. Informasi lengkap mengenai semua kegiatan rangkaian milad TBM ALERT ke – 19 dapat dilihat melalui akun Instagram yaitu @tbm_alert.(ak)