Penuhi Kebutuhan Tempat Tinggal Dosen Asing, UMY Resmikan Professor’s Guest House

Maret 2, 2017 oleh : BHP UMY

Interior Professor’s Guest House yang baru diresmikan oleh UMY

Seiring dengan mulai banyaknya dosen asing yang mengajar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, maka UMY meresmikan Professor’s Guest House untuk keperluan tempat tinggal dosen tersebut. Agenda tersebut dilaksanakan di Komplek Unires Utara pada Rabu (01/03).

Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP., menjelaskan bahwa professor’s guest house akan digunakan untuk memfasilitasi para visiting professor dari negara lain yang mengajar di UMY. “Ini akan bisa dimanfaatkan oleh dosen yang tidak hanya melakukan short visit, tetapi juga untuk yang long stay. Karena kemarin kita pernah mencoba mengundang visiting professor dari Maejo University dan Kon Khaen University, namun terkendala dengan fasilitas tempat tinggal,” ungkap Gunawan.

Ditambahkan oleh Wakil Rektor III bidang kemahasiswaann UMY, Sri Atmaja P. Rosyidi, ST, M.Sc., Eng., Ph.D., PE, visiting professor ke UMY sudah mulai berdatangan. “Memang sampai saat ini sistemnya masih mencarikan mereka guest house atau menyewa rumah di beberapa tempat. Dengan adanya ini (professor’s guest house) tentu professor-professor ini bisa berpindah ke sini,” jelas Sri.

Sri menambahkan, sesuai rencana, UMY akan segera mengundang beberapa dosen dari beberapa universitas luar negeri. “Rencana yang sudah masuk ke kita ada yang dari Korea, ada yang dari China, Taiwan, ada yang dari Afrika Selatan, dan beberapa negara Eropa yang lain. Cuma waktunya kapan biasanya menunggu prodi yang mengundang. Memang professor tidak bisa penuh 1 tahun mengajar disini. Ada seperti professor Pattric yang merupakan professor lepas. Bila ada panggilan di luar maka ia akan mengajar secara distance learning. Memang sedikit kendala bagi kita untuk menemukan profesor yang mampu mengajar satu tahun penuh di UMY,” ungkap Sri.

Dari segi bangunan, Professor’s Guest House yang sudah mulai dibangun sejak 25 Agustus 2016, memiliki luas 576 m2. Dilaporkan oleh Bagus Soebandono, S.T., M.Eng., gedung professor’s guest house merupakan bangunan 2 lantai dengan fasilitas 1 front office, 9 kamar tidur, 1 ruang pengelola, dan 2 ruang lobby.

“Ukuran masing-masing kamar 4,8m x 7,2m. Fasilitas kamar terdiri atas ruang santai dilengkapi dengan back drop TV, dispenser, kulkas, meja makan dan sofa, pantry, kamar tidur lengkap dengan single bed ukurang 120x200cm, almari pakaian, meja, dan kursi belajar. Kemudian ada kamar mandi ukuran 1,8×1,8 m lengkap dengan closet duduk, shower air panas dan dingin serta wastafel. Sistem kelistrikan dengan switch kartu. Pendingin ruangan kapasitas 2 Pk dan penerangan lampu LED. 1 jaringan internet. Pembangunan sendiri dilaksanakan selama 5 bulan dengan biaya sebesar Rp 2.211.000.000,” jelas Bagus. (dnsa)