Peneliti Jepang kunjungi Prodi Keperawatan UMY

Januari 10, 2011 oleh : BHP UMY

Mrs Sachiko Hosaya, Ph.D, RN, PHN dari Toho University, Jepang mengunjungi UMY dalam rangka penelitian tentang peran Islam terhadap kepedulian sesama. Selain itu, Ia juga tertarik untuk mengamati pelaksanaan kepeduliaan kaum  muslimin terhadap orang tidak mampu, anak yatim atau piatu, orang jompo, cacat, sakit, dan masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

Oleh karenanya, Ia menginginkan mengunjungi beberapa tempat seperti panti asuhan, rumah sakit, sekolah, pondok pesantren, perguruan tinggi (PT), lembaga pengelola zakat-infaq-shodagoh, serta lembaga penanggulangan becana alam.

Pokok rujukan tentang kepedulian terhadap sesama yang bersumber pada ayat Al-Quran, Hadits, Fatwa, hingga pada aturan teknis cara pelaksaannya di lembaga diskusi yang ada di UMY sebagai salah satu PT Islam juga menjadi pertimbangan Sachiko dalam kunjungannya.

Sachiko memaparkan jika awal ketertarikannya dalam melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kehidupan kaum muslimin adalah saat dirinya mempelajari human touch yang wajar dilakukan manusia.

Menurutnya, dalam rumah sakit, seorang perawat tentunya akan memegang pasiennya, sementara sebagai seorang Muslim tidak diperbolehkan untuk bersentuhan fisik kepada lawan jenis yang bukan Muhrimnya. “Padahal berdasarkan penjelasan yang saya dapat sebelumnya, jurusan perawat lebih banyak diminati kaum perempuan yang berarti tidak boleh melakukan kontak fisik tersebut. Jika harus memegang, ada beberapa perawat yang berkeyakinan bahwa penggunaan sarung tangan dapat menjadi solusi dalam hal ini untuk merawat pasien yang bukan Muhrimnya. Hal ini lah yang membuat saya tertarik mempelajari peran umat Islam untuk orang berkebutuhan, khususnya dalam kegiatan amal,” ujarnya.