OSDI 2018, Nilai Keislaman Sebagai Bekal Revolusi Industri 4.0

Agustus 30, 2018 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan salah satu Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang bergerak di bidang pendidikan tinggi yang menjadi instrument dakwah amar ma’ruf nahi mungkar di era Revolusi Industri generasi ke – 4. Oleh karena itu, UMY mengadakan Orientasi Studi Dasar Islam (OSDI) untuk 5374 mahasiswa baru tahun 2018 yang mengusung tema “Islam – mu Islam Berkemajuan”.

Dr. Sukamta, S.T., M.T mengatakan kepada ribuan peserta OSDI bahwa sebagai generasi milineal harus unggul dalam intelektual maupun moral. “OSDI UMY sebagai peletakan dasar keimanan yang kuat. Materi yang diberikan kepada seluruh peserta diharapkan bisa memberi motivasi bagi mereka untuk selalu mempelajari Islam. Keislaman adalah modal berharga yang dibutuhkan oleh kalian untuk selalu menjadi insan yang lengkap, karena tidak hanya mahir dalam disiplin ilmu yang kalian pelajari, akan tetapi juga unggul dalam ilmu keagamaan. Hal ini sesuai dengan slogan UMY, yaitu Unggul dan Islami,” ujarnya saat berpidato pada pembukaan OSDI pada, Kamis (30/8) di Gedung Sportorium Kampus Terpadu UMY.

Lalu di hadapan para peserta, Wakil Rektor I Bidang Akademik menjelaskan bahwa sebagai kader umat dan bangsa, para mahasiswa dituntut untuk bisa memberikan sesuatu yang berguna bagi Indonesia. “Sesuai dengan tema yang kita usung pada tahun ini, kita menginginkan para mahasiswa untuk bisa faham apa itu Islam dalam pandangan Muhammadiyah. Kemudian, setelah mereka dapat mengimplementasikan nilai – nilai yang terdapat di Muhammadiyah dan dapat memberikan sumbangsih terhadap bangsa,” tambah Sukamta.

Diakhir sambutan, Sukamta memberikan pesan kepada mahasiswa baru tahun 2018 bahwa jangan sampai kehidupan dunia menjadi halangan untuk mencari bekal di akherat. “Saya berpesan kepada seluruh mahasiswa UMY secara umum dan khususnya mahasiswa baru tahun 2018 untuk selalu medahulukan urusan keimanan atau urusan akherat, tetapi juga tidak melupakan urusan keduniawian. Dalam hal ini, mahasiswa tetap harus giat dalam menempuh proses yang harus dilalui selama belajar di UMY. Kemudian ketika sudah selesai menempuh pendidikan bisa bersaing pada era Revolusi Industri 4.0,” tutupnya. (ak)