MM Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Kunjungi MM UMY

Desember 16, 2017 oleh : BHP UMY

Magister Manajemen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (MM UBHARA JAYA) melakukan kunjungan studi ke Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (MM UMY) pada hari Sabtu (16/12). Kunjungan tersebut merupakan kunjungan dalam rangka studi banding serta diskusi mengenai perkembangan program studi masing-masing universitas. Tak hanya itu, dalam kunjungan tersebut juga dilakukan diskusi mengenai pengembangan soft skill mahasiswa maupun peningkatan akreditasi program studi.

Dalam kunjungan ini, Dr. Zahara Tussoleh Rony, M.M. selaku ketua program studi MM UBHARA JAYA didampingi direktur pascasarjana UBHARA JAYA beserta para dosen turut mendampingi para mahasiswanya. Kunjungan ini diterima oleh Direktur Pascasarjana, dan ketua program studi MM UMY beserta jajaran pimpinan MM UMY lainnya.

Zahara mengungkapkan bahwa suasana kampus UMY berasa sangat asri dan sangat kental akan suasana belajar. Dalam hal ini, Dr. Zahara berharap dalam studi banding ini dapat dilakukan pertukaran informasi dan penelitian bersama yang nantinya akan memberikan dampak bagi kedua universitas. “Kami berharap nantinya dapat saling tukar informasi, dan nantinya dapat saling bekerja bersama, serta melakukan penelitian bersama,” ujar Zahara.

Direktur Program Pascasarjana UMY, Sri Atmaja P. Rosyidi, ST., MSc.Eng., Ph.D., PE mengungkapkan bahwa pihaknya sangat senang atas kunjungan dari MM UBHARA JAYA. Ia menjelaskan mengenai sejarah program pascasarjana, dan sejarah terbentuknya gedung pascasarjana. Tidak hanya itu saja, Sri juga mengungkapkan bahwa mahasiswa pascasarjana UMY terkhusus MM UMY harus memiliki pemikiran kritis (critical thinking).

“Para mahasiswa juga diharuskan memiliki pemikiran kritis yang nantinya dapat berguna baik dalam mengerjakan tugas atau bahkan thesis mereka. Hal ini bukan lagi menjadi kebutuhan prodi, namun hal ini sudah menjadi kebutuhan para mahasiswa untuk memiliki critical thinking. Kami juga memberikan target kepada dosen setiap tahun untuk menulis dan mengunggah tulisannya ke jurnal nasional maupun jurnal Internasional,” ungkap Sri.

Hal tersebut memberikan dampak pada mahasiswa ketika seorang dosen memiliki tulisan ataupun penelitian baru, maka mahasiswa dapat mengikuti tulisan dari dosen tersebut. Sri menambahkan bahwa tulisan-tulisan yang tercipta nantinya diharapkan tidak hanya jadi konsumsi akademisi, namun dapat bermanfaat pada masyarakat, terkhusus bagi pembangunan pemerintahan daerah. Dalam program pascasarjana, Sri kembali menambahkan bila program pascasarjana harus memiliki sesuatu hal yang berbeda. Sesuatu yang berbeda tersebut yang nantinya dapat bermanfaat bagi setiap masyarakat.

Sri juga kembali menjelaskan mengenai networking yang dimiliki UMY, UMY memiliki banyak mitra universitas luar negeri. “Untuk networking, UMY memiliki banyak kerjasama dengan institusi pendikan. Baik sekala nasional maupun internasional. Kami pun tidak menutup mata bahwa universitas yang baik pasti tidak akan lepas dari kerjasama antar universitas. Tidak ada universitas bagus yang berjalan dengan sendirinya, pasti universitas tersebut memiliki mitra ataupun memiliki kerjasama dengan universitas lainnya,” tambahnya.

Dalam kunjungan tersebut para mahasiswa diajak berdiskusi dan berkeliling melihat fasilitas di ruang pascasarjana, baik dari perpustakaan, ruang kelas dan beberapa fasilitas lainnya. Selain itu, Mahasiwa UBHARA JAYA mendapatkan pembelajaran mengenai penulisan jurnal ilmiah, akses mengetahui sumber jurnal yang ada dan juga mendapatkan pengalaman dari mahasiswa MM UMY yang memiliki prestasi. (darel)