Media Sosial Pengaruhi Pendapatan Setiap Bulan

September 16, 2014 oleh : BHP UMY

IMG_4583Perkembangan sosial media saat ini bukan hanya untuk menjalin silaturahmi dengan kerabat jauh maupun dengan keluarga. Pemanfaatan media sosial saat ini bahkan sudah bisa mempengaruhi pengahasilan selama sebulan. Hal ini kemudian menjadi alternatif untuk melakukan bisnis secara efektif dan tidak menggunakan biaya yang mahal untuk melakukan promosi.

“Berbisnis dengan media sosial atau online shop ini menjadi salah satu kemudahan bagi anda untuk melakukan macam-macam bisnis, sebab bisnis ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja,” jelas Nadia Citra, top manajer member oriflame saat mengisi acara Sosial Media Pengaruhi Pendapatan Bulanan. Acara yang diprakarsai oleh Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini diselenggarakan di ruang Perpustakaan Skripsi Gedung E lantai 2, Kampus Terpadu UMY, hari ini, Selasa (16/9).

Bisnis online menurut Nadia, ini bisa menggunakan media sosial seperti, facebook, twitter, dan instagram yang saat ini banyak digandrungi oleh mahasiswa atau anak muda. “Biasanya mereka memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi terhadap produk yang dijualnya. Namun sayangnya mereka masih memiliki pengetahuan yang minim untuk melakukan strategi melalui media sosial, “ imbuhnya.

Media sosial yang sangat mudah untuk melakukan online shop ini adalah facebook. Sebab menurut Nadia, facebook dapat menjangkau lebih luas serta mudahnya kita dalam melakukan interaksi secara langsung dengan konsumen atau pelanggan. “Sehingga, nantinya pelanggan atau konsumen akan merasa nyaman bukan hanya dengan produk kita tapi juga pelayanan kita kepada mereka,” ujarnya.

Nadia juga memaparkan beberapa strategi yang perlu dilakukan untuk melakukan bisnis online shop, pertama, menulis status tentang produk yang dijual, menjelaskan manfaat dan kelebihannya dengan kalimat-kalimat yang persuasif dan dengan kalimat-kalimat yang efektif dan mudah dipahami. Kedua, dalam melakukan bisnis online shop tidak perlu melakukan privasi pada akun, karena hal itu akan menyulitkan pelanggan atau konsumen jika ingin melihat produk. Selain itu juga menambah teman di akun facebook sebab hal ini bisa menjadikan bisnis tersebut terjangkau secara luas.

“Ketiga, ketika sudah memiliki follower atau teman yang banyak dalam akun kita maka kita perlu melakukan hubungan yang baik dengan konsumen atau pelanggan. Sebab pendekatan secara personal itu akan membuat nyaman pelanggan atau konsumen kita. Keempat, ketika hubungan interpersonal sudah baik maka dalam melakukan promosi produk kita lebih baik juga melalui interpersonal misalnya dengan menawarkan produk dengan lebih personal,” paparnya.