Mahasiswa Komunikasi UMY Lombakan Hasil Tugas Kuliah

Mei 7, 2015 oleh : BHP UMY

IMG20150507100353Tugas-tugas mahasiswa dalam perkuliahan terkadang pada akhinya hanya akan menjadi arsip semata. Tak jarang pula, tugas kuliah tersebut akan menjadi tidak berguna setelah mendapatkan penilaian dari dosen. Melihat kondisi tersebut, Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY (Komakom) menyelenggarakan Communication Fair 2015 (Commfair) Parade Komunikasi “Unity in Diversity” yaitu sebuah ajang pameran dan perlombaan karya-karya mahasiswa dari Jurusan Ilmu Komunikasi UMY. Acara yang diselenggarakan pada Kamis (7/5) betempat di Loby Fisipol Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tersebut berhasil mencuri animo mahasiswa-mahasiswa UMY.

Tujuan dari terselenggaranya Commfair itu sendiri menurut pengakuan Raden Bicky Reza, selaku ketua acara adalah untuk mengapresiasi tugas-tugas kuliah mahasiswa dan sebagai ajang perlombaan antar mahasiswa Komunikasi. ”Misi utama acara commfair itu sendiri selain sebagai ajang kompetisi merupakan ajang pengakraban antar mahasiswa komunikasi UMY,” ungkapnya.

Rangkaian acara commfair itu sendiri meliputi lomba futsal antar mahasiswa Ilmu Komunikasi, yang telah terselenggara pada tanggal 4 hingga 5 Mei bertempat di lapangan salfator, dan pada hari Kamis (7/5) rangkaian acaranya meliputi pameran karya mahasiswa yang terdiri dari berbagai tugas mata kuliah, seperti advertising, broadcasting, dan penulisan berita feature dan straight news, acara hiburan akustik, flashmob, dan pada malam harinya akan diselenggarakan awarding night yang akan diselenggarakan di taman air mancur Fisipol UMY. “Serangkaian acara commfair ini cukup banyak, mulai dari lomba futsal, kompetisi dari berbagai konsentrasi yang ada di komunikasi, pameran, dan acara puncaknya yaitu ada awarding night,” imbuh Bicky.

Di sisi lain, Deri Hazwara Lubis, selaku ketua Komakom UMY menjelaskan, acara commfair ini sudah memasuki tahun kedua. “Sebagai HMJ yang berfungsi untuk menaungi aspirasi mahasiswa, kami menyelenggarakan acara commfair ini, dan alhamdulillah teman-teman mahasiswa komunikasi sangat mengapresiasi dan banyak yang berpartisipsi dalam acara ini,” jelasnya.

Dukungan dan apresiasi pun turut datang dari ketua jurusan Ilmu Komunikasi UMY Hariyadi Arief Nuur Rasyid, S.IP., M.Sc. “Kami dari jurusan menyambut baik dan sangat mengapresiasi terselenggaranya acara ini. Selain menjadi ajang kompetisi, kegiatan ini juga menjadi motivasi bagi rekan-rekan mahasiswa untuk selalu berkarya”, jelasnya.

Sementara itu, Yoga Dwi Pandaya, salah satu mahasisa Komunikasi angkatan 2014 turut menyambut positif kegiatan commfair ini. “Acaranya cukup baik, saya merasa di apresiasi dengan adanya acara ini. Karena yang biasanya tugas kuliah cuma jadi sampah setelahnya, dengan adanya acara ini tugas kuliah saya merasa berguna, dan dapat dilihat oleh orang banyak, dan semoga acara commfair ini akan tetap terselenggara setiap tahunnya,” jelasnya.