Mahasiswa KKN UMY Edukasi Warga Penggung Dengan Bunga Telang

Februari 4, 2019 oleh : BHP UMY

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 060 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan sosialisasi budidaya bunga telang kepada masyarakat di Dusun Penggung, Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogro. Tanaman yang berfungsi sebagai obat herbal ini diedukasikan kepada masyarakat agar bisa dibudidayakan untuk mendapatkan manfaat bunga Telang yang dapat meningkatkan kesehatan, meningkatkan produktivitas perekonomian, dan menjadikannya sebagai tanaman khas Dusun Penggung.

Sosialisasi dan edukasi yang dilakukan di rumah Kepala Dukuh Dusun Penggung sekaligus sebagai posko KKN 060 UMY diadakan pada Minggu (3/2). Selain itu juga dihadiri oleh ibu-ibu warga Penggung dan kelompok Karang Taruna.

“Tujuan kami memilih mensosialisasikan bungan Telang ini kepada masyarakat Dusun Penggung ini agar bisa menambah pembudidaya bunga Telang yang ada di Jogja. Karena baru sedikit masyarakat yang sudah mengetahui dan membudidayakan bunga Telang ini padahal manfaatnya sangat banyak,” kata Muhammad Iqbal Rasyid selaku Ketua Kelompok KKN 060 UMY.

Bunga Telang adalah tanaman merambat yang merupakan tanaman asli Asia tropis. Tanaman ini memiliki daun dan batang yang berukuran kecil. Bunganya berwarna biru gelap memiliki panjang antara 4-5 cm. Manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan, diantaranya adalah untuk menjaga kesehatan, mencegah penuaan dini, mengobati gangguan pengelihatan, dan masih banyak lagi.

Iqbal kembali menjelaskan, kegiatan sosialisasi budidaya bunga Telang merupakan salah satu program utama mahasiswa KKN UMY kelompok 060 dengan tujuan untuk memberikan wawasan mengenai cara budidaya bunga Telang. Tidak hanya itu, program ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga Penggung dengan menjadikan bunga telang sebagai buah tangan khas dusun ini. Hal ini dikarenakan belum adanya buah tangan yang menjadi ciri khas dari Dusun Penggung.

Iqbal berharap melalui sosialisasi ini bunga Telang dapat menjadi produk khas Dusun Penggung dan bisa meningkatkan produktivitas perekenomian warga. “Harapan saya dengan adanya sosialisasi bunga Telang ini bisa menjadi produk olahan khas Dusun Penggung dan juga bisa meningkatkan produktivitas perekenomian warga,” imbuhnya.

Di samping itu, Iswanto selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 060 UMY mengatakan, bunga telang merupakan bunga yang dapat dimanfaatkan untuk tanaman obat. “Selain itu bunga Telang dapat dimanfaatkan sebagai pewarna makanan yang alami. Dengan adanya sosialisasi tersebut kami berharap warga dapat membuat kreasi warna untuk makanan menggunakan pewarna alami dari bunga Telang. Kami juga berharap dari sosialiasi ini untuk langkah selanjutnya kami bisa mengajarkan warga untuk membuat kreasi makanan yang juga menggunakan bahan utama bunga Telang,” harapnya.