Mahasiswa Jangan Takut Masa Depan

November 22, 2018 oleh : BHP UMY

“Selagi masih muda nikmati proses, jangan takut dengan masa depan yang akan kalian hadapi. Manfaatkan masa kuliah dengan mencari pengalaman dan mencoba hal apapun seoptimal mungkin dan jangan lupa belajar,” ungkap Firman Direktur #NEXTBRAND brand Consultant activation & digital agency dalam acara talkshow CreaTrivepreneur Industri Kreatif Zaman Now. Talkshow tersebut diselenggarakan atas kerja sama Tri Indonesia dan Biro Humas Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan digelar pada hari Kamis (22/11) di Gedung Kembar AR Fachrudin A lantai 5 UMY.

Firman sebagai director sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang Industri kreatif mengatakan bahwa mahasiswa yang rajin akan memiliki ambisi dan obsesi. Hal itu yang perlu ditanamkan sejak muda. “Carilah ilmu dan pengalaman sebanyak mungkin dan raih ambisi dengan belajar sebagai proses dari pencapaian tersebut,” ungkapnya. Dalam industri kreatif, Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci maka dari itu sebagai mahasiswa sudah seharusnya mencoba hal baru. “Dengan berfikir kreatif tidak hanya berhenti dalam berfikir namun juga harus action. Mulailah sesuatu dari sebuah ide yang kemudian bisa berkembang menjadi suatu bisnis yang menjanjikan,” tambah Firman.

Jika sudah memiliki suatu usaha dikatakan oleh Firman, sebagai pengusaha juga harus memiliki dan meningkatkan kompetensi yang sudah dimiliki. “Kalau sudah jadi pengusaha jangan mau dukungannya saja dari konsumen, tapi kita juga harus kompeten agar klien kita tidak kecewa dan benar-benar menikmati apa yang kita tawarkan,” jelasnya.

Membangun relasi dari sejak masa perkuliahan juga akan menentukan masa depan. Dengan berani mencoba suatu hal yang baru akan memperkuat relasi kita untuk masa depan. Seperti yang dikatakan oleh Alya Mirza narasumber talkshow yang juga seorang pengusaha di bidang industri kreatif, Co-Founder Great Digital Agency & Founder Liburan.com. “Jangan takut rugi karena itu bagian dari proses pembelajaran, tidak semua orang cocok berwirausaha tetapi kita tidak akan tahu jika tidak mencoba,” ungkapnya.

Kepada peserta yang merupakan mahasiswa UMY dari segala jurusan dan bebagai angkatan, Alya dengan tegas menyampaikan industri kreatif sedang booming saat ini, sayang jika mahasiswa tidak mengambil kesempatan tersebut dengan mencoba berbisnis. “Peka terhadap peluang, asah skill, jangan takut, perbanyak kolaborasi dan jika perlu bergabung dalam komunitas pengusaha,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini selain talkshow kepala marketing Tri Indonesia regional Yogyakarta Noorsis Anna Lucyana juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki ambisi dan obsesi untuk mengambil program internship di kantor cabang Tri Indonesia Yogyakarta. Lucyana juga mengatakan apa yang dipelajari hari ini merupakan bekal untuk masa tua. “Nanti di masa depan hal ini akan sangat berguna terutama di masa tua kalian,” imbuhnya. (Pras)