Mahasiswa dari 11 Negara Ikuti International Dental Summer School 2012 di UMY

Juli 2, 2012 oleh : BHP UMY

International Dental Summer School (IDSS) 2012 yang diselenggarakan oleh Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran dan Ilmu kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogayakrta (FKIK-UMY) diikuti oleh mahasiswa dari 11 negara. IDSS 2012 ini merupakan Summer School kedokteran gigi pertama di Indonesia bahkan di dunia yang menggabungkan sisi pendidikan dan kegiatan sosial.

Hal ini disampaikan oleh project manager IDSS 2012 sekaligus mahasiswa Prodi Kedokteran Gigi (KG) UMY Fauziah Karimah saat ditemui di sela-sela kegiatan berlangsung di Asri Medical Center (AMC) UMY, Senin, (02/07). Kegiatan IDSS 2012 ini diselenggarakan selama 20 hari mulai tanggal 29 Juni sampai dengan 18 Juli.

Fauziah menuturkan sebelas negara yang ikut dalam kegiatan IDSS 2012 ini antara lain Italia, Polandia, Russia, Kroasia, Rumania, Serbia, Slovakia, Slovenia, Republik Cheko, Republik Siprus dan termasuk Indonesia. “Para peserta nanti akan mengikuti serangkaian aktifitas baik di dalam maupun di luar kampus” tuturnya.

IDSS 2012 kali ini mengambil beberapa topik kesehatan di Indonesia terutama kesehatan gigi, kasus-kasus endemik kesehatan gigi, serta pengobatan herbal dan pengobatan akupuntur. “Tahun ini juga IDSS menambahkan materi baru mengenai Hipnodonsia yang merupakan tren baru di bidang kedokteran gigi Indonesia. ” jelasnya.

Hipnodonsia merupakan salah satu konsep baru dalam bidang kedokteran gigi. Konsep ini sama halnya dengan menghipnotis pasien saat akan dilakukan tindakan atau pencabutan gigi pada pasien. Dengan konsep hipnotis yang dilakukan ini maka pasien akan lebih rileks tanpa merasa takut ataupun sakit ketika dilakukan tindakan, bahkan pada tingkat yang lebih tinggi dokter bisa melakukan tindakan pada pasien tanpa anastesi sebelumnya. Saat ini konsep tersebut diajarkan pada mahasiswa KG UMY pada tingkat dasar.

Fauziah juga mengungkapkan topik tersebut akan diberikan dalam bentuk perkuliahan, diskusi tutorial, skill lab, dan praktek kunjungan ke AMC UMY serta ke beberapa puskesmas dan SD Muhammadiyah. “Selain itu para peserta juga akan mengikuti serangakain kegiatan tur budaya di beberapa objek wisata di Jogjakarta” ungkapnya.

Sementara itu supervisor dalam kegiatan ini sekaligus doen KG UMY drg. Iwan Dewanto juga menambahkan bahwa IDSS 2012 ini mendapat dukungan penuh oleh International Association of Dental Student (IADS). “IADS merekomendasikan IDSS ini kepada seluruh mahasiswa kedokteran gigi dipenjuru dunia agar ikut serta dalam kegiatan tersebut, selain itu IADS juga memberikan kepercayaan untuk menyelenggarakan bakti sosial di empat desa, 3 diantaranya di DIY dan 1 desa di Jawa Tengah” tambahnya.

Iwan berharap dengan sejumlah kegiatan yang dirancang ini, selain memberikan pengetahuan mengenai pelayanan kesehatan di Indonesia kegiatan ini juga mampu memberikan sumbangsih dalam mengembangkan dunia kesehatan gigi di Indonesia maupun dunia. “Selain itu kegiatan ini juga mampu memperkuat kerjasama internasional antara UMY dengan perguruan tinggi di sejumlah negara-negara dan asosiasi-asosiasi serupa yang memiliki tujuan yang sama dalam dunia kesehatan terutama kesehatan gigi” pungkasnya.(S)