LPTQ UMY Borong Juara Dalam Kompetisi MTQ Se-Jawa

Juni 10, 2016 oleh : BHP UMY

WhatsApp-Image-20160609

Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UKM LPTQ UMY) berhasil menjuarai tiga cabang lomba pada kompetisi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) se-Jawa. Kompetisi yang diselenggarakan oleh UKM Ilmu Al-Qur’an Universitas Sebelas Maret (UNS) untuk pertama kalinya ini, diikuti oleh 42 universitas dengan peserta sebanyak 270 peserta yang terselenggara pada Sabtu (4/6) lalu. Cabang lomba yang dijuarai oleh tim dari LPTQ UMY meliputi lomba hifzhil Qur’an, Tilawatil Qur’an, serta kaligrafi.

“Alhamdulillah tim dari LPTQ UMY berhasil menjuarai tiga cabang lomba dari empat cabang yang ditentukan oleh pihak panitia. Untuk cabang lomba Hifdzil Qur’an LPTQ UMY berhasil merebut juara II kategori 10 juz, harapan II kategori 5 juz, dan harapan III kategori 1 juz. Sedangkan untuk cabang lomba tilawatil qur’an, LPTQ UMY berhasil merebut juara I untuk kategori putra, juara I kategori putri, dan juara III dari kategori putri. Untuk lomba kaligrafi mendapatkan juara II,” papar Sutan Kumala Pontas selaku pendamping lomba, saat diwawancarai di Biro Humas dan Protokol (BHP) UMY pada Jum’at, (9/6).

Sejumlah pemenang tersebut diantaranya, untuk cabang lomba Hifdzil Qur’an juara II Kategori 10 juz putra diraih oleh Syahid Rabbani, harapan II kategori 5 juz putri oleh Mukarramah Itsnaini, dan harapan III kategori 1 juz putri diraih oleh Salma Karimah. Sementara untuk juara I Hifdzil Qur’an putra kategori 10 juz diraih oleh Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) atas nama Richo Dwi Permadi. “Cabang lomba Tilawah tim dari LPTQ UMY untuk kategori putra dan putri Juara I diraih oleh Ahmad Nabil Mubarak, dan Nur Raisah Ulinuha. Selain itu Juara III putri diraih oleh Mauli Ardani. Sedangkan lomba kaligrafi dengan jenis dekorasi di raih oleh Ahmad Fandy Tumboimbela,” sebut Sutan.

Sementara itu, MTQ se-Jawa yang mengusung tema “Mewujudkan Kreatifitas dengan Inovasi dan Prestasi Bersama Al-Qur’an,” ketua LPTQ, Zulfikar Amrinata mengaku para delegasi MTQ se-Jawa tersebut merupakan peserta pilihan dari LPTQ yang diambil saat menyelenggarakan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) pada Februari lalu. “Para delegasi yang mewakili UMY itu merupakan pilihan 2 peserta terbaik hasil dari STQ yang terselenggara Februari kemarin di UMY. Para pemenang yang merupakan mahasiswa UMY sendiri itu yang nantinya akan mewakili berbagai ajang perlombaan MTQ, khususnya MTQ tingkat nasional. Dan tentunya mereka mendapat bimbingan dari pengajar yang kompeten di masing-masing cabang lomba,” jelas Zulfikar.

Dengan keberhasilan LPTQ UMY memborong juara dalam perhelatan MTQ se-Jawa tersebut, Zulfikar berharap LPTQ UMY dapat terus menyumbang prestasi dalam hal kompetisi Al-qur’an, dalam lingkup lokal, nasional, dan bahkan MTQ tingkat Internasional. “Perasaan yang sangat bangga dan bahagia kepada teman-teman yang sudah mengharumkan nama Kampus kita tercinta yang unggul dan Islami dalam kompetisi tersebut. Mungkin sekiranya dengan diadakannya ajang seperti ini dapat memotivasi untuk terus berprestasi dan menjadi seorang akademika yang unggul dan Islami melalui kecintaannya dengan Al-Quran. Dengan ini dapat menjadi bahan motivasi juga bagi pihak kampus untuk senantiasa meningkatkan integritas menjadi kampus yang benar-benar Islami,” harap Zulfikar. (hv)

Sharing is caring!