Lewat PHBD 2017, BEM FISIPOL UMY Lakukan Pembinaan di Padukuhan Kadisoro

Oktober 16, 2017 oleh : BHP UMY

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu Tridharma perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh seluruh civitas akademika guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan semangat itu, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM FISIPOL) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) turut mengamalkan salah satu fungsi Tridharma tersebut dengan melakukan pemberdayaan masyarakat pada Forum Keakraban Remaja Padukuhan Kadisoro melalui Program Hibah Bina Desa (PHBD). PHBD tersebut merupakan program dari Kemenristekdikti yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswa aktif organisasi untuk terjun membangun desa dan memberdayakan masyarakat.

Padukuhan Kadisoro yang terletak di wilayah Pandak, Bantul tersebut memiliki potensi Ikan Hias yang dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat apabila dikembangkan dengan baik. “Sayangnya tidak banyak yang menyadari potensi ini. Padukuhan Kadisoro sendiri sebenarnya memiliki komunitas yang perhatian untuk hal ini yaitu Kelompok Ikan Hias Buana Mina. Kami dari BEM FISIPOL ingin menyebarkan pengetahuan tentang potensi tersebut kepada warga lainnya di Padukuhan Kadisoro,” ujar Muhammad Gema Ramadhan, mahasiswa Ilmu Pemerintahan (IP) UMY angkatan tahun 2015, salah satu anggota dari PHBD BEM FISIPOL UMY 2017, saat diwawancarai oleh tim Biro Humas dan Protokoler (BHP) UMY pada Sabtu (14/10) .

Program dengan tema pengembangan budi daya ikan hias tersebut nantinya akan dilakukan kepada Forum Keakraban Remaja di Kadisoro oleh BEM FISIPOL. “Kami di sini akan bertindak sebagai fasilitator yang menghubungkan Kelompok Ikan Hias Buana Mina untuk mengedukasi forum Keakaraban Remaja tentang potensi ikan hias. Tujuannya agar remaja sebagai sumber daya masyarakat setempat dapat memaksimalkan potensi ini dan memajukan industri ekonomi kreatif di Padukuhan Kadisoro sendiri,” jelasnya.

Selain edukasi berupa sosialisasi, BEM FISIPOL juga mengadakan studi banding ke kelompok pembudidayaan ikan hias lainnya. “Buana Mina sebenarnya merupakan kelompok pembudidaya ikan yang terbaik di Jogja, meski demikian kami tetap melakukan studi banding ke kelompok lain yang lebih sederhana namun tetap dapat bersaing. Hal tersebut untuk menumbuhkan rasa ketertarikan dan keingintahuan dari Forum Remaja yang menjadi peserta program ini. Karena setelah program edukasi, kami berencana masuk ke program ekonomi untuk memperkenalkan pengelolaan perekonomian kepada SDM setempat. Ini sebagai program keberlanjutan untuk mencapai goal akhir berupa desa pariwisata sesuai saran dari dosen pembimbing kami, Ratih Herningtyas S.IP, M.A.,” lanjutnya.

PHBD tersebut telah dilaksanakan oleh BEM FISIPOL UMY sejak bulan Juni 2017 lalu dan akan berlanjut hingga akhir Desember tahun ini. Tim dari BEM FISIPOL sendiri beranggotakan 8 mahasiswa termasuk Gema, yaitu; Irwan, mahasiswa IP 2015, Aris Munandar, mahasiswa IP 2015; Dicky Ademaputra, mahasiwa IP 2015; Fitriani Nengsi, mahasiswa Hubungan Internasional (HI) 2015; Muhammad Amar Hidayahtullo, mahasiswa HI 2015; Rizki Azkia, mahasiswa IP 2015; dan Siti Syarifah Nur’aini, mahasiswa Ilmu Komunikasi (IK) 2015. (raditia)

Sharing is caring!