Kontingen PIMNAS UMY Bertekad Jaga Tradisi Emas

Agustus 6, 2016 oleh : BHP UMY

IMG_9353

Kontingen PIMNAS UMY telah siap diberangkatkan menuju PIMNAS ke 29 yang akan diselenggarakan di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 8 hingga 11 Agustus 2016. Hal tersebut ditandai dengan Upacara Pelepasan Kontingen Pimnas UMY yang dilaksanakan pada Sabtu (6/8) di lobby Rektorat gedung AR. Fachruddin A lantai 1 Kampus Terpadu UMY.

Pimnas sendiri diselenggarakan setiap tahun dengan tuan rumah ditetapkan perguruan tinggi di Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa secara bergantian. Untuk menjadi peserta Pimnas, setiap tim mahasiswa yang beranggotakan 3 sampai 5 orang harus bersaing dengan puluhan ribu tim lain untuk mendapatkan dana kegiatan dan menghasilkan karya terbaik.

Dalam PIMNAS ke 29 ini, UMY mengirimkan 3 kelompok untuk berlaga di PIMNAS. Ketiga kelompok tersebut diwakili mahasiswa dari 3 fakultas yaitu FKIK, Pertanian dan Teknik. Mereka berasal dari PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE), PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) dan PKM Karsa Cipta (PKM-KC).

Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P, Wakil Rektor 1 UMY menyatakan bentuk keseriusan UMY dalam ajang PIMNAS. “UMY mengirimkan wakil di PIMNAS itu karena Komitmen. Kita tunjukkan UMY bukan hanya Universitas yang hanya omong belaka, kita tunjukkan keseriusan dalam ajang PIMNAS ini,” ungkapnya.

Selanjutnya dia berharap agar Kontingen UMY memberikan performa yang terbaik dalam PIMNAS kali ini. “Saya harap peserta dapat menjaga nama baik dan mengharumkan nama UMY. Target emas setiap tahun harus tetap dijaga. Semoga kalian dapat menampilkan performa terbaik,” harap beliau.

Hal senada juga disampaikan oleh Sugito, S.IP, M.Si, selaku Ketua kontingen UMY yang menyatakan bahwa Tradisi Emas di PIMNAS harus dijaga. “Target kami di PIMNAS adalah meraih emas. Dari tiga kelompok, kami menargetkan setidaknya satu medali emas. Bagaimanapun, tradisi emas di PIMNAS harus dijaga,” ungkapnya.

Ditambahkan Sugito berbagai persiapan juga dilakukan untuk mengahadapi PIMNAS kali ini. “Berbagai persiapan telah dilakukan diantaranya persiapan teknis yaitu menyiapkan Poster, artikel ilmiah, laporan akhir dan presentasi. Sedangkan nonteknis yang harus dipersiapkan adalah kekompakan tim dan mental,” tambahnya.

Sementara itu Fatia Ibnu, selaku perwakilan dari peserta PIMNAS yang tergabung dalam kontingen UMY memohon segala bentuk dukungan dari seluruh civitas UMY dalam ajang PIMNAS kali ini. “Terima kasih kepada Dosen pembimbing dan LPKA yang telah membantu proses kami hingga bisa mengikuti PIMNAS. Semoga kami dapat memberikan performa terbaik dan mendapat hasil yang terbaik juga. Kami juga memohon doa restu bagi seluruh masyarakat UMY dan juga support baik materiil dan imateriil tentunya akan berguna bagi kita,” ungkapnya. (bagas)

Sharing is caring!