Karyawan Administrasi Fisipol UMY Adakan Kunjungan ke SP

Maret 20, 2013 oleh : BHP UMY

IMG_2480Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), khususnya para dosen dan karyawannya, karyawan administrasi (tenaga kependidikan) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UMY, mengadakan kunjungan ke Singapore Polytechnic (SP). Kunjungan ini berlangsung selama tiga hari pada tanggal 14 – 17 Maret 2013.

Menurut ketua rombongan Bambang W Nugroho, Wakil Dekan Fisipol UMY, kunjungan tersebut diadakan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan secara langsung tentang standar kinerja yang tinggi, bagi kependidikan di perguruan tinggi. “Selain itu, tujuannya juga untuk menambah wawasan para karyawan administrasi fisipol UMY. Kemudian juga, memberikan penyegaran bagi mereka agar lebih bersemangat dalam bekerja. Supaya mereka bisa bekerja secara professional di bidang tugasnya masing-masing,” jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan dari Fisipol UMY dikenalkan mengenai falasafah, asas, dan praktik pelayanan administrasi yang berlangsung di Singapore Polytechnic (SP). Dr. Edward Quah selaku salah seorang pendiri SP yang telah berusia 65 tahun, juga memaparkan perkembangan SP serta pelayanan pada mahasiswa yang telah mereka terapkan. “Kami juga menerima paparan, tayangan video, dan demo produk pengembangan teknologi dirgantara mereka. Termasuk di dalamnya kami juga dikenalkan pada pesawat F-16, Boeing 737, dan simulator mobil balap Formula 1,” terang Bambang.

Bambang juga mengatakan, di samping mendapat pemaparan mengenai pelayanan administrasi SP, mereka juga menyaksikan secara langsung kegiatan di kantor pelayanan mahasiswa SP. “Pelayanannya akrab, colourfull, nyaman, serta bersifat “satu atap” (one-stop-service). Selepas dari SP, kami juga melakukan wisata ilmu di the Science Center of Singapore, komplit dengan pengalaman berada di tempat bersalju di Snow City,” ungkapnya.

Kegiatan yang disebut kunjungan Muhibah Studi Banding Karyawan Administrasi ini, diikuti oleh seluruh tenaga kependidikan Fisipol sebanyak 19 orang. Rombongan kunjungan ini juga dipimpin langsung oleh Wakil Dekan Fisipol sendiri, beserta 1 orang dosen Fisipol UMY. Studi banding tersebut juga merupakan kelanjutan dari kunjungan serupa ke International Islamic University of Malaysia (IIUM), pada bulan Mei 2012 yang lalu.

Sharing is caring!