Ingin Kembangkan Universitas, Zanzibar University Kunjungi UMY

Februari 3, 2015 oleh : BHP UMY

 

 

Rektor UMY Prof. Dr. Bambang Cipto, MA, bersama Prof. Mustafa Roshash saat bertukar cindera mata di Ruang Sidang Rektorat UMY

Rektor UMY Prof. Dr. Bambang Cipto, MA, bersama Prof. Mustafa Roshash saat bertukar cindera mata di Ruang Sidang Rektorat UMY

Berawal dari kegiatan Mahatir Global Peace School (MGPS) III 2014, salah satu perserta MGPS berasal dari Zanzibar University Tanzania, merekomendasikan kepada pimpinannya di  Zanzibar Universit untuk datang ke UMY dan belajar untuk pengembangan Zanzibar University melalui pengamatan kegiatan akademik, sarjana dan pascasarjana di UMY.

Hal itulah yang diungkapkan oleh Wakil Rektor I Zanzibar University, Prof. Mustafa Roshash saat menyampaikan tujuannya mengunjungi UMY. Bahwa dirinya mengunjungi UMY berawal dari rekomendasi mahasiswanya yang mengikuti kegiatan MGPS III, lalu dirinya bersama jajaran universitas menetapkan untuk mengunjungi UMY dan disambut hangat oleh Rektor UMY, Prof Bambang Cipto di Ruang Sidang Rektorat AR. Fachruddin A lantai 1 UMY, Selasa (3/2).

“Kami mengetahui UMY karena mahasiswa kami ada yang mengikuti kegiatan MGPS di Malaysia tahun lalu, kemudian kami mencari tahu tentang UMY melalui website UMY. Setelah itu bersama pimpinan yang lain kami putuskan, oke, kita akan mengunjungi UMY,” ungkap Prof Mustafa Roshash.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Urusan Internasional Biro Kerjasama (BKS) Ir. Tony K. Hariadi, M.Eng. Selain menyampaikan program sarjana dan pascasarjana, dirinya juga menyempatkan untuk menjelaskan program internasional yang dimiliki oleh UMY, dan juga kerjasama internasional antar  universitas diberbagai negara-negara, baik Eropa maupun Asia.

“Selain sarjana, pascasarjana, dan program doktor, kami juga memiliki program internasional untuk sarjana, diantaranya program internasional untuk Hukum, Hubungan Internasional, Ilmu Pemerintahan, Ekonomi dan Keuangan. Kami juga sudah melakukan berbagai kerjasama diantaranya dengan Malaysia, Australia, Korea Selatan, Cina, Amerika, Thailan, Spanyol, Singapore, Jerman, dan juga masih banyak yang lainya, baik Eropa maupun Asia” ujar Toni.​

Berbeda dengan Toni, Rektor UMY Prof. Dr. Bambang Cipto, MA, menjelaskan bahwa pihaknya berterimakasih atas kunjungannya, dan pihaknya berharap bahwa perwakilan dari Zanzibar University bisa melihat, mengamati  lingkungan kampus agar apa yang diingkan oleh pihak Zanzibar University bisa lengkap. Dirinya juga berharap akan ada pertemuan selanjutnya dengan pihak Zanzibar University.

“Kami mengucapkan terimakasih karena telah mengunjungi UMY, kami berharap anda semua bisa melihat-lihat lingkungan kampus kami, agar kunjungan anda ke UMY bisa lebih lengkap. Semoga pertemuan kita saat ini bisa berlanjut dalam kesempatan-kesempatan kedepan” sambut Bambang.

Setelah menemui Rektor UMY, Pihak Zanzibar University yaitu Prof. Mustafa Roshash, Dr. Mwinyi Haji dan Mr. Saleh Mwinyi didampingi untuk keliling mengunjungi kelas-kelas program internasional yang dimiliki oleh UMY. (Shidqi)