Grup Musik Multietnik Debu Akan Kunjungi UMY

Januari 17, 2011 oleh : BHP UMY

Bulan Suci Ramadhan kini bukan menjadi satu-satunya waktu bagi beberapa grup musik religi untuk menyebarkan dakwah dan syiar-syiar Islam. Grup Debu misalnya. Kelompok Musik bernuansa padang pasir ini dijadwalkan akan melantunkan lagu-lagu mereka di Lantai Dasar Masjid KHA Dahlan, Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogykarta (UMY), Rabu pagi (19/1) mendatang dalam Debu Road to Campus garapan Sanggar Kreasi Anak Bangsa (SKAB) dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMY .

Salah satu anggota SKAB Yudiansyah menjelaskan, grup musik multietnik beranggotakan Mustafa (vokal), Saleem (flute), Daood (drum/perkusi), Naseem (perkusi), Mujahid (bas), Husniah (violin), Shakurah (lead Violin), Achmad (Santoor), Dimas (gitar), Luthfi (perkusi), Ali (perkusi), Zahra (keyboard), dan Nadhira (khanoon) ini direncanakan akan membawakan delapan buah lagu yang semuanya merupakan lagu dari album teranyar mereka berjudul “Dianggap Gila” termasuk tembang andalan mereka, “Malam ini”.

Yudiansyah menjelaskan, penampilan Debu merupakan sarana untuk bersilaturahmi dan memberikan nilai-nilai islam dengan media yang berbeda. Selain menampilkan lagu-lagunya, waktu panjang juga akan diberikan bagi para penonton untuk bertegur sapa dengan para personil. “Tidak hanya bermusik, akan ada sesi talkshow dan foto bareng Debu”, lanjut Yudiansyah di Kampus Terpadu, Senin (17/1).

BEM UMY memanfaatkan kesempatan langka ini untuk menunjukkan bagaimana mahasiswa UMY juga mampu berkreasi dengan nilai-nilai Islam. Menurut penanggung jawab acara dari BEM UMY, Jerry Selvia, penampilan Grup musik yang dibentuk di kota kecil di Amerika serikat, New Mexico ini juga kan dibarengi kreasi mahasiswa-mahasiswa UMY. Grup Nasyid Al-Kautsar dari Asrama Putra UMY dan Natural dari Jamaah Al-Anhar UMY (JAA UMY) jadi andalan dalam membuka penampilan Debu.

Di samping penampilan musik nasyid, Debu Road to Campus juga akan disemarakkan dengan pertunjukkan pantomim oleh Yuliono, mahasiswa Agribisnis UMY. Selain di UMY, Debu juga akan tampil di dua Universitas lainnya di Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia (UII) pada Selasa (18/1) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (19/1). Debu Road to Campus selanjutnya  akan melanjutkan perjalanan ke kota Magelang dan Purwokerto setelah sebelumnya mengadakan Roadshow di enam kota lainnya di Jawa Tengah sejak 10 Januari.