FOTKA UMY Kembali Gelar Pameran Fotografi

Februari 20, 2016 oleh : BHP UMY

IMG-20160220-WA0001Fotografi Komunikasi (Fotka) yang merupakan BSO (Badan Semi Otonom) Program Studi Ilmu Komunikasi (IK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengadakan pameran fotografi, yang tahun ini merupakan tahun ke 5 diselenggarakannya pameran fotografi Fotka UMY, dengan mengangkat tema “Teriak Diam!”. Pameran yang diselenggarakan sejak tanggal 19 Februari hingga 20 Februari 2016 tersebut bertempat di Gedung Loop Stasion Telkomsel.

Haryadi Arief Nur Rasyid, SIP, MSc, selaku Kepala Prodi IK UMY dalam sambutan sekaligus pembuka acara mengungkapkan, tema yang diangkat dalam pameran ini cukup menarik, yaitu terkait dengan kritik sosial yang selama ini terjadi di masyarakat. “Pemilihan tema yang diangkat cukup menarik, dan karya-karya foto pameran yang ditampilkan sudah cukup baik, diharapkan melalui pameran fotografi ini dapat mengembangkan bakat serta kemampuan dalam teknik fotografi rekan-rekan Fotka UMY,” ungkapnya.

Ditambahkan Haryadi, seorang fotografer layaknya seperti pilot, yang semakin banyak jam terbangnya maka akan semakin baik pula karyanya. “Semoga dengan adanya pameran ini menjadi catatan pengalaman yang baik bagi anggota Fotka UMY untuk terus berkarya dan tidak pernah merasa puas dengan apa yang didapatkan saat ini, agar terus termotivasi untuk berkarya dalam bidang fotografi,” tambahnya.

Sementara itu, diungkapkan oleh Dimas Andika Sinatra, selaku ketua acara tema pameran kali ini memiliki tujuan yaitu sebagai aksi nyata seorang mahasiswa dalam menggambarkan kondisi realitas masyarakat Indonesia saat ini, khususnya dalam berbagai bidang pekerjaan.”Saat ini sudah cukup sering mahasiswa melakukan demo dalam menuntut sebuah kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, namun demo yang dilakukan tidak memiliki keuntungan dan kebaikan bagi masyarakat. Guna mengkritiki hal tersebut, kami megangkat kondisi sosial sebagian masyarakat Indonesia melalui sebuah karya fotografi, agar mahasiswa yang hingga saat ini kurang peduli dengan kondisi masyarakat sekitarnya agar dapat kembali peduli dan tergerak untuk membantu,” ungkapnya.

Pameran Fotka UMY kali ini diikuti oleh 12 peserta, yang terdiri dari 92 karya foto. Sebelumnya, para anggota Fotka UMY yang turut berpartisipasi dalam pameran tersebut dibekali berbagai ilmu dasar terkait dengan fotografi. “Berbagai ilmu terkait dengan bidang fotografi telah dibekali kepada peserta, baik teknik dasar kamera, penulisan jurnalistik foto, dan materi-materi pendukung lainnya,” tutupnya. (Adam)