FOTKA 053 UMY Gelar Pameran Fotografi

Desember 16, 2014 oleh : BHP UMY

Ghea menjelaskan pengunjung pameran yang melihat foto “rumah kamera” miliknya.

Komunitas Fotografi Ilmu Komunikasi UMY (FOTKA 053) menggelar pameran fotografi bertajuk “saksi bisu”. Mengusung konsep yang unik, seratus lima puluhan foto dipajang dalam pameran tersebut yang digelar di Art Gallery Wirogunan, Sabtu (13/12) malam.

Ketua pameran, Fathan J Mustofa mengatakan, foto yang dipamerkan di Art Gallery Wirogunan tersebut merupakan karya dari anggota FOTKA 053 angkatan empat yang telah mengikuti pendidikan lanjut. Ia menjelaskan, tema besar “saksi bisu” yang diangkat mengharuskan peserta pameran untuk menampilkan foto bertema “tempat”. Tempat tersebut jelasnya, menjadi saksi bisu atas berbagai peristiwa yang telah terjadi.

“Tempat itu saksi bisu, sikap prilaku dari manusia disaksikan oleh tumbuhan dan bangunan di sekitarnya,” tutur Fahthan saat ditemui di sela-sela acara.

Hal itu pula yang membuat pihaknya menggelar pameran tersebut di Wirogunan Art gallery. Lokasi tersebut dipilih lantaran bangunan milik Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wirogunan tersebut telah menjadi saksi dari aktifitas narapidana dalam mengekspresikan seninya. Hasil seni para narapidana, tambah mahasiswa Komunikasi angkatan 2013 juga dipamerkan di tempat tersebut.

Menurut Fahtan, tempat semacam itu sudah selayaknya mendapatkan perhatian publik, terlebih nilai seni yang terdapat di tempat itu juga harus terus dilestarikan. “Pameran ini dimaksudkan untuk menyadarkan kita karena tempat adalah sesuatu yang harus kita jaga dan lestarikan. Karya Napi dipamerkan,” terangnya.

Sementara itu Ghea Ulfa Stefani, salah satu peserta pameran merasa sangat senang foto karyanya dapat ikut dipajang dalam pameran sekali setahun itu. Menurutnya, tidak semua foto karya anggota FOTKA dapat dipamerkan dalam ajang itu, sebab setiap foto anggota yang ingin mengikuti pameran tersebut harus melewati tahap seleksi terlebih dahulu.

“Senang sekali rasanya foto saya bisa ikut pameran ini dan bisa dilihat orang banyak. Tidak semua foto anggota bisa ikut karena diseleksi dulu sama kuratornya,” ungkap Ghea.

Dalam kesempatan itu, mahasiswi yang mengaku mulai menekuni fotogragi setelah bergabung dengan FOTKA itu, memajang foto rumah berbentuk kamera yang ia ambil di wilayah Magelang, Jawa Tengah. Foto itu ia pamerkan karena “rumah kamera” itu pernah menjadi saksi bisu pemilik rumah yang sangat ingin sekali memiliki kamera DSLR yang didapatkannya dengan susah payah.

“Sesuai dengan tema. Rumah ini punya sejarah yang menarik ketika dibangun dan menjadi saksi bisu perjuangan pemiliknya ketika ingin sekali memiliki kamera DSLR,” jelas mahasiswi Ilmu Komunikasi angkatan 2013 itu.

Pelaksanaan pameran kali ini bertepatan dengan hari ulang tahun FOTKA 053 yang kelima. Selain pemotongan tumpeng ulang tahun, pembukaan pameran tersebut berlangsung meriah dengan adanya penampilan musik akustik dan pemotongan pita yang menandai mulainya pameran.

Budi Tobon, selaku perwakilan Jurusan Ilmu Komunikasi UMY, menyambut baik digelarnya pameran itu. Ia berharap FOTKA 053 pada usianya yang kelima dapat terus berkembang, beregenerasi, dan makin bersinergi dengan Jurusan Ilmu Komunikasi UMY. Menurutnya saat ini FOTKA 053 merupakan organisasi yang aktif.