Etika Dalam Bisnis Ciptakan Tatanan Bisnis Nasional yang Lebih Baik

Oktober 18, 2010 oleh : BHP UMY

Penyeimbangan dimensi teori dan praktek dalam pembelajaran ilmu manajemen merupakan hal yang sangat krusial. Karena hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan melakukan inovasi dan pengambilan keputusan berbasis pengetahuan dan keterampilan bisnis yang unggul dan dilandasi nilai-nilai etika. Karena kemampuan wirausaha dan manajemen bisnis yang dilandasi oleh etika diharapkan mampu untuk menciptakan tatanan bisnis nasional yang lebih baik

Demikian diungkapkan oleh Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono, Direktur Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (MM UMY) dalam acara penandatangan Memorium of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara MM UMY dengan Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA-BPC DIY) bertempat di Kampus Terpadu UMY, Sabtu sore (16/10).

Menurut Heru etika bisnis sendiri merupakan sebuah nilai-nilai yang terinternalisasi dalam diri seorang pebisnis. Jika kepribadian seorang pebisnis telah bagus maka bisnis itu juga akan bagus dan harmoni. Contohnya, nilai-nilai kejujuran yang ada dalam diri seorang pebisnis. Heru melihat bahwa etika yang terinternalisasi dalam diri seseorang jauh lebih baik dari pada aturan-aturan yang dipaksakan. “Begitu halnya dalam berbisnis, pebisnis yang jujur lebih baik dari pada pebisnis yang dipaksa jujur,”imbuhnya.

Heru mengungkapkan adapun implementasi dari MoU tersebut meliputi kuliah praktisi, joint seminar, magang, penelitian dan program-program kewirausahaan terapan yang terpadu. Kegiatan tersebut dirancang untuk mensinergikan antara teori dan praktik dalam sebuah aksi nyata. Menurutnya program tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas akademik dan membangun keunggulan para praktisi bisnis khususnya mahasiswa MM UMY. “Terutama dalam hal membangun etika dalam diri masing-masing karena jika itu berhasil akan membawa dampak harmoni dan teratur bagi lingkungan bisnis itu sendiri”imbuhnya.

Senada dengan Heru, Fransisca Diwati, S.H., M.M, ketua AMA-BPC DIY, menitikberatkan etika sebagai hal yang penting dalam bisnis dan wirausaha. Ia juga mengungkapkan bahwa MoU antara MM UMY dan AMA BPC DIY tersebut didasari pada kesamaan prinsip tentang etika bisnis dan berupaya untuk menerapkan etika tersebut. “Saya berharap kesamaan prinsip tersebut mampu menjadi fondasi yang kuat bagi kerja sama ini dan akan terlaksana dengan baik,”tandasnya.