Dunia Broadcasting Semakin Digemari

Mei 12, 2015 oleh : BHP UMY

IMG_3531

Dunia broadcasting bagi sebagian orang, merupakan sebuah pekerjaan yang cukup berat dan memiliki tantangan tersendiri. Diperlukan kemampuan berbicara yang baik dan pengetahuan yang luas untuk dapat masuk ke dunia kerja audio visual tersebut. Namun semakin tahun, peminat dunia broadcast ini semakin bertambah. Adanya acara Broadcaster Award yang diselenggarakan oleh BSO (Badan Semi Otonom) dari Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yaitu IKOM Radio pun tahun ini pesertanya didominasi oleh siswa-siswa SMA yang berasal dari luar Yogyakarta. Selain itu, jumlah pesertanya pun semakin bertambah hingga 66 peserta dari yang biasanya hanya 35 peserta. Hal ini pun kian membuktikan bahwa Broadcasting semakin digemari oleh kalangan anak muda.

Acara Broadcaster Award 2015 yang diselenggarakan tiap tahun ini pun bertujuan untuk menjawab tantangan bagaimana cara bekerja dalam dunia broadcast.  Event tahunan yang  sudah menginjak ke tahun ke tujuh ini diikuti oleh berbagai siswa-siswi SMA dan SMK se- Indonesia tersebut pada tahun ini mengangkat tema CREATIVISION “Creative Action For Better Nation”.

Sehubungan dengan tema yang diangkat pada tahun ini, Inas Sany Muyassaroh menjelaskan, dengan tema Creativision “Creative Action For Better Nation”  para peserta diharapkan dapat terus termotivasi untuk selalu berfikir kreatif, dan membangun bangsa dengan karya-karya. “Secara khususnya tema tahun ini lebih kepada mencoba memancing para peserta untuk berfikir kritis dan kreatif dalam dunia broadcasting,” paparnya.

Acara yang diselenggarakan sejak tanggal 8 Mei sampai dengan 10 Mei tersebut memiliki berbagai kategori kompetisi, mulai dari Lomba Presenter, Reporter, Radio Announcer, Jingle, dan News Reader, yang secara keseluruhan lombanya berhubungan langsung dengan dunia broadcasting.

Kemudian pada Minggu (10/5) diselenggarakan malam penganugerahan kepada pemenang bertempat di Rooftop gedung Ar Fachruddin B lantai 2. Yang dihadiri oleh seluruh peserta yang masuk dalam nominasi, dan mahasiswa-mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi yang turut memeriahkan acara.

Hariyadi Arief Nuur Rasyid, S.IP., M.Sc, selaku ketua jurusan Ilmu Komunikasi UMY dalam sambutannya mengungkapkan, jurusan sangat mengapresiasi acara BA tersebut. Di tahun ke- 7 BA diselenggarakan, animo peserta semakin bertambah banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dapat diartikan, bahwasannya semakin banyak pula rekan-rekan siswa SMA yang tertarik untuk menggeluti dunia broadcasting. “Saya mewakili jurusan sangat mengapresiasi acara ini, melalui acara ini kita dapat memperkenalkan dunia kerja broadcasting kepada masyarakat, khususnya kepada peserta yang mengikuti acara ini, dan harapan saya kedepannya BA akan semakin lebih baik lagi dalam penyelenggaraannya”, paparnya.

Annisa Fajriani, dari SMA Taruna Nusantara Magelang, berhasil membawa pulang dua penghargaan sekaligus, yaitu untuk kategori The Best Presenter dan Favorite News Reader. “Saya bersyukur bisa mengikuti acara BA ini, acaranya keren, dan saya banyak mendapatkan ilmu baru di dunia broadcasting melalui acara ini, meskipun baru pertama kalinya mengikuti acara ini, saya semakin penasaran untuk dapat mengetahui lebih jauh kerja broadcasting”,imbuhnya.