American Corner UMY Bekali Anak Pendidikan Cinta Lingkungan Melalui Lomba Menggambar

IMG_6625Kurang pedulinya generasi muda terhadap lingkungan saat ini menimbulkan kekhawatiran. Hal tersebut menggerakkan American Corner Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk membuat lomba menggambar bertajuk “Save The Earth” dengan menggambar pemandangan lingkungan sekitar. Acara yang berlangsung Rabu pagi (15/5) di kampus terpadu UMY menyasar anak – anak usia sekolah dasar (SD) bertujuan agar mereka lebih peduli terhadap lingkungan.

“Lomba ini sengaja kita gelar untuk mengajarkan anak- anak agar mencintai lingkungan, kondisi saat ini memprihatinkan banyak generasi muda buang sampah sembarangan, pakai air dan listrik semaunya,” ungkap Muhammad Abas selaku ketua panitia dan kordinator program American Corner UMY .

Abas yang ditemui di American Corner UMY seusai acara menjelaskan, memberi pendidikan cinta lingkungan dengan cara – cara kreatif seperti menggambar merupakan cara yang tepat untuk di terapkan pada anak – anak usia dini. Hal itu, lanjut Abas, bertujuan agar mereka sadar akan pentingnya menjaga lingkungan sejak usia sedini mungkin dan dapat dijadikan kebiasaan hingga dewasa. “Anak – anak masih polos untuk ditanami pemahaman agar peduli lingkungan, kalau yang sudah dewasa sudah punya pola pikir masing – masing, kalau anak – anak masih bisa kita kendalikan, mau dibawa ke arah positif atau negatif” ungkapnya.

Selain untuk menumbuhkan kepedulian anak – anak kepada lingkungan, acara yang dibuka dengan melepaskan balon ke udara di lapangan bintang UMY itu juga memiliki tujuan agar anak – anak SD tidak asing dengan universitas khususnya UMY. “Selain untuk lomba acara ini juga tujuannya untuk mendukung program UMY yang sudah dinobatkan sebagai salah satu green campus dan supaya mereka akrab dan tahu tentang UMY sebagai kampus yang juga peduli terhadap lingkungan” papar Abas.

IMG_6721

Lomba menggambar yang terbuka untuk seluruh siswa sekolah dasar di DIY tersebut diikuti oleh 47 orang peserta. Keluar sebagai juara I atas nama M. Zaki Kusnail siswa SD IT Insan Utama, Juara II jatuh kepada Dewi Dayati siswi SD Karang Jati, dan Juara III diraih oleh M. Ikbal Khaini yang juga berasal dari SD IT Insan Utama, Taman Tirto. Masing – masing juara dalam lomba ini diberikan hadiah berupa trophy dan uang pembinaan.


© 2013 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY | About the site