5 Tim PKM UMY Berhasil Lolos ke PIMNAS 28

Agustus 10, 2015 oleh : BHP UMY

Tim PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali berhasil meloloskan 5 timnya, dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke- 28 yang diselenggarakan oleh Dikti (Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi). PIMNAS ke-28 tahun ini akan diselenggarakan di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, yang akan berlangsung pada tanggal 5-9 Oktober 2015.

Sugito, S.IP, M.Si, selaku pembina PKM UMY ketika ditemui di ruangannya pada Senin (10/8) menuturkan, pada tahun ini 5 tim PKM UMY yang berhasil lolos ke PIMNAS 28, terdiri dari berbagai kategori PKM, yaitu PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-GT (Gagasan Tertulis), dan PKM-K (Kewirausahaan). “Alhamdulillah pada tahun ini UMY kembali berhasil meloloskan 5 tim PKM dalam ajang PIMNAS ke- 28, untuk kategori PKM yang berhasil lolos yaitu, PKM-M terdapat 2 tim, PKM-GT 1 tim, dan PKM-K sebanyak 2 tim,” ucapnya.

Ditambahkan Sugito, secara nasional terdapat 440 tim dari berbagai universitas yang ada di Indonesia yang berhasil lolos pada PIMNAS tahun ini, dan UMY kembali berhasil meraih peringkat 1 PTS (Perguruan Tinggi Swasta) se Yogyakarta untuk pendelegasian PIMNAS ke- 28 ini. “Dengan meloloskan 5 tim pada PIMNAS tahun ini, UMY berhasil meraih rangking 1 PTS se Yogyakarta untuk jumlah pendelegasian PIMNAS tahun ini,” tambahnya.

Pada ajang PIMNAS tahun 2014 lalu, di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, UMY berhasil meraih peringkat 6 nasional, dengan memperoleh 2 medali emas, dan 1 medali perunggu.  Untuk mempertahankan prestasi tersebut, berbagai persiapan untuk menghadapi PIMNAS tahun ini akan dipersiapkan. Diungkapkan Sugito, persiapan yang akan dilakukan antara lain yaitu kemampuan teknis, dan mental tim PKM. “Untuk persiapan teknis, kami akan melakukan pematangan pada penulisan artikel ilmiah, pelatihan presentasi, dan pembuatan poster, yang akan kami persiapkan selama 1 bulan dalam Pimnas Camp, dengan mengundang berbagai narasumber, sebagai bekal bagi masing-masing tim,” paparnya.

 

Sementara itu, Catur Igo Prasetyo, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UMY, yang merupakan salah satu peserta yang berhasil lolos pada PIMNAS ke- 28 pada kategori PKM-M menuturkan, bahwa dia dan timnya sempat tidak menyangka dapat lolos pada PIMNAS tahun ini. “Kami sempat tidak menyangka dapat lolos sampai ke PIMNAS tahun ini, dan berhasil mengalahkan ribuan proposal PKM dari berbagai universitas se- Indonesia. Kami optimis akan mendapatkan mendali emas, dan akan membawa nama baik UMY pada PIMNAS tahun ini,” ucapnya.

Berbagai persiapan juga akan dilakukan oleh Igo dan timnya. “Persiapan yang akan kami lakukan pastinya lebih pada perbaikan penulisan laporan akhir, dan teknis presentasi. Karena kedua hal tersebut sempat menjadi kritikan pada penyeleksian monev (monitoring evaluasi) sebelumnya,” tambahnya.