2.519 Peserta Ikuti Ujian PBT Gelombang III UMY

Agustus 10, 2015 oleh : BHP UMY

Ujian PBT (Paper Based-Test) Gelombang ketiga penerimaan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah diselenggarakan pada Minggu (9/8) dari pukul 7.30-10.30 WIB. Ujian yang diselenggarakan di Sportorium UMY ini diikuti oleh 2.519 peserta. “Jumlah ini merupakan jumlah terbanyak peserta PBT selama ini dibandingkan test-test PBT sebelumnya,” ungkap Dr. Siti Dyah Handayani, SE., M.M selaku Kepala Biro Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaru) UMY.

Masih seperti ujian PBT pada gelombang-gelombang sebelumnya, Fakultas Kedokteran masih menjadi Fakultas favorit para peserta ujian PBT gelombang terakhir ini. Dr. Siti Dyah menambahkan bahwa prodi (program studi) yang banyak diminati dari jurusan IPA adalah Pendidikan Dokter dan Kedokteran Gigi. Sedangkan dari jurusan IPS, prodi yang menjadi favorit peserta ujian PBT adalah Manajemen, Akutansi dan Ilmu Hubungan Internasional kelas reguler.

Ujian PBT gelombang terakhir ini diikuti oleh peserta dari seluruh penjuru Indonesia. Dr. Siti Dyah menambahkan bahwa ada peserta yang berasal dari Papua dan Nusa Tenggara Timur. “Untuk yang dari luar negeri juga ada, seperti dari Thailand. Biasanya peserta dari luar negeri melakukan pendaftaran dengan sistem nilai dan jalur non-test. Sedikit yang menggunakan jalur PBT,” tambahnya. Peserta ujian PBT asal luar negeri juga diharuskan untuk dapat memahami bahasa Indonesia, karena soal yang disediakan dalam bahasa Indonesia. “Kalau peserta dari Luar Negeri tersebut mendaftar untuk kelas reguler, memang diwajibkan untuk bisa berbahasa Indonesia,” lanjutnya.

Hasil ujian PBT gelombang III akan diumumkan pada hari Rabu (12/8). Pengumuman dapat dilihat di koran Kedaulatan Rakyat (KR) atau akses pada web umy.ac.id. Sementara untuk calon mahasiswa yang masih ingin mendaftar di UMY dengan jalur CBT (Computer Based-Test), pendaftaran gelombang III masih akan dibuka sampai pada hari Sabtu, 15 Agustus 2015. Namun untuk pendaftaran CBT, beberapa prodi sudah ditutup. Hingga hari senin (10/8), prodi yang sudah ditutup antara lain Farmasi, Pendidikan Dokter Gigi, Pendidikan Dokter, Teknik Sipil, Agroteknologi, Teknik Elektro, dan Manajemen. Dr. Siti Dyah juga menambahkan bahwa akan ada kemungkinan beberapa prodi yang akan ditutup pendaftarannya esok hari seperti prodi Ilmu Hukum kelas Reguler. Hal ini dilihat dari kuota pendaftar yang sudah hampir memenuhi target.

“Jumlah pendaftar di UMY hingga sabtu sore (8/8) sebanyak 37.422. Sedangkan yang sudah melakukan registrasi sebanyak 3.900 orang yang sudah lolos seleksi. Sedangkan batas penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2015-2016 adalah 4.500 orang,” jelasnya. Dengan perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa UMY masih akan menyediakan 600 kuota orang yang lolos seleksi untuk melakukan registrasi.