Berita

Universitas Islam Al Azhar Mataram Kunjungi UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Islam yang memiliki akreditasi unggul menerima kunjungan dari Universitas Islam Al Azhar Mataram pada Senin (14/10). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka benchmarking untuk mengetahui berbagai kegiatan di setiap unit kerja UMY.

Rektor Universitas Islam Al Azhar Mataram, Dr. Ir. Muh. Ansyar, MP mengucapkan terima kasih atas kesediaan UMY menerima kunjungan dari kampusnya. Ia juga menyampaikan maksud dari kunjungan tersebut selain benchmarking, utamanya ingin belajar menyiapkan akreditasi kampus dari UMY. “Kami mengucapkan terima kasih kepada UMY yang sudah berkenan menerima kunjungan kami dalam rangka benchmarking sekaligus ingin belajar berbagai hal dari sistem kampus UMY terutama dalam hal menyiapkan akreditasi kampus,” ungkapnya.

Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM. menyambut baik kedatangan perwakilan dari Universitas Islam Al Azhar Mataram. Dalam sambutannya Gunawan menyampaikan bahwa sebagai PTS yang memiliki banyak kelemahan dibanding PTN yang harus selektif dalam membuat program kerja. “Kelemahan kampus swasta adalah berjalan seperti apa adanya. Oleh karena itu tentunya kita harus selektif dalam membuat program kerja, bukan semata-mata program kerja dibuat atas daftar keinginan tapi juga harus melihat kebutuhan apa yang sedang dibutuhkan oleh kampus,” terangnya.

Menanggapi niat Universitas Islam Al Azhar Mataram yang ingin belajar dari UMY dalam mempersiapkan akreditasi kampus, Dr. Nuryakin, SE., MM, Kepala Bidang Penjaminan Mutu Eksternal UMY turut menjelaskan bahwa untuk menyiapkan akreditasi kampus membutuhkan waktu yang panjang dan tidak instan. “Untuk mempersiapkan akreditasi kampus agar mendapatkan predikat yang diinginkan memang butuh waktu yang lama dan tidak instan. UMY sendiri membutuhkan waktu beberapa tahun untuk menyiapkan berbagai dokumen dan indikator penilaian agar memperoleh akreditasi hingga mencapai akreditasi “unggul” ini,” jelasnya.

Nuryakin juga turut menyampaikan langkah persiapan akreditasi yang dilakukan UMY adalah dengan mengintegrasikan sistem jaminan mutu internal UMY dengan sistem penilaian akreditasi untuk memasukkan dan mencapai indikator kinerja sasaran strategis. Hal ini cukup efektif karena memudahkan para tenaga pendidik program studi (prodi) saat ada penilaian akreditasi prodi maupun kampus.

Setelah acara penyambutan kunjungan di Gedung Ar. Fachruddin A lantai 5, kunjungan ini akhirnya ditutup dengan diskusi lebih lanjut di masing-masing unit kerja berbagai bidang antara UMY dan Universitas Islam Al Azhar Mataram. (YA)

Share This Post

Berita Terkini