UMY Raih Peringkat Ke-2 PTS Terbaik Se-Indonesia Versi 4ICU Uni-Rank

Februari 11, 2020 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan kredo Muda Mendunia, Unggul dan Islami terus berupaya dalam setiap tahunnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta prestasi universitas baik skala nasional maupun internasional. Tepat pada awal tahun 2020, UMY mendapatkan peringkat kedua terbaik Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Nasional versi 4ICU Uni-Rank.

4ICU Uni-Rank memberikan peringkat pada 571 institusi pendidikan tinggi Indonesia dengan beberapa kriteria, yaitu perguruan tinggi harus terakreditasi oleh badan Pemerintah (Kemristekdikti), perguruan tinggi harus menyelenggarakan tiga level pendidikan tinggi Sarjana, Master, dan Doktoral, kemudian proses pembelajaran yang bervariasi. Uni-Rank juga menilai dari kehadiran dan popularitas website atau laman resmi universitas dalam hal lalu lintas (traffic), kepercayaan/otoritas, dan popularitas tautan berkualitas.

Dalam pemeringkatan tersebut UMY berhasil meraih peringkat kedua dari PTS Nasional dan mendapatkan peringkat ke-15 dari 571 perguruan tinggi di Indonesia. Kepala Biro Sistem Informasi (BSI) UMY, Wahyudi, ST., MT mengatakan, peringkat tersebut dapat diraih UMY dengan upaya yang telah dilakukan sebelumnya. Diantaranya dengan memperbaiki kualitas website, memperbaiki konten website dengan adanya pelatihan bagi pengelola website (admin) agar isi konten menjadi lebih baik. “Upaya tersebut dilakukan UMY untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta layanan situs akademik yang lebih edukatif,” ujarnya saat ditemui di ruangannya, Selasa (11/2).

Hal senada juga diungkapkan Tony K.Hariadi,Ir.,M.T., Kepala Divisi Pusat Data & Informasi Strategis Badan Perencanaan dan Pengembangan (Pusdatin BPP) UMY saat diwawancari pada hari Selasa (11/2) di Ruang Biro Humas dan Protokol. Menurutnya strategi untuk meningkatkan popularitas web itu adalah dengan memperkaya isi konten website, baik itu dari karya dosen maupun mahasiswa.

”Upaya peningkatan ranking versi 4ICU Uni-Rank ini kami lakukan dengan meningkatkan kualitas website melalui kontribusi dosen untuk mempublikasikan karyanya melalui website UMY. Selain itu juga keterlibatan dalam publikasi penelitian, pengabdian masyarakat serta karya buku yang dapat diakses oleh masyarakat luas. Wajah website juga diupayakan untuk lebih mudah diakses dan lebih ramah guna, sehingga lebih banyak orang yang mengakses Web UMY,” paparnya.

Selain itu juga, Tony menyampaikan bahwa ada peningkatan ranking yang diraih oleh UMY dari penilaian 4ICU Uni-Rank. “Alhamdulillah, ada peningkatan ranking yang kami dapat dari 4ICU Uni-Rank. Berawal dari ranking tiga besar PTS Nasional menjadi ranking dua besar. Hal ini menjadi motivasi UMY untuk terus meningkatkan kualitas website dengan mempercantik website, memperkaya isi website, dan melibatkan seluruh civitas akademika agar ikut serta memperkaya isi website. Maka dengan hal tersebut masyarakat dapat mengakses bermacam-macam konten tentang UMY ataupun terkait berita popular dan isu terkini. Selain itu juga, kami bisa memberikan kontribusi artikel maupun opini sesuai dengan isu terkini yang dibuat oleh civitas akademika baik dosen, karyawan maupun mahasiswa UMY,” tandasnya.

Tidak hanya mendapatkan peringkat kedua se-PTS Nasional versi 4ICU Uni-Rank. UMY juga mendapatkan prestasi lainnya pada awal capaian 2020 ini, yaitu Akreditasi A pada program studi di UMY yang telah mencapai 61 persen. (Sofia).