UMY Loloskan 37 Karya Pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2020

Agustus 8, 2020 oleh : BHP UMY

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu ajang bergengsi bagi para mahasiswa sebagai wadah untuk menyalurkan potensinya. Ajang yang sudah berlangsung sejak lama ini diikuti oleh berbagai universitas yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Pada tahun 2020, UMY kembali berhasil meloloskan sebanyak 37 karya untuk didanai pada PKM 5 Bidang. Hal ini berdasarkan pada pengumuman yang tertera di website SIMBELMAWA milik Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Ke-37 karya tersebut berasal dari 7 fakultas yaitu Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Pendidikan Bahasa (FPB), serta Program Vokasi.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan PKM pada tahun ini diundur dan bahkan hampir dibatalkan. Ini terjadi karena adanya pandemi COVID-19 yang membuat fokus anggaran pemerintah berubah serta tingginya resiko penularan virus yang akan muncul. Hal ini diungkapkan Oky Wijaya, S.P., M.P., Kepala Divisi Pengembangan Kreativitas dan Penalaran Mahasiswa (PKPM) Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumi (LPKA) UMY.

Menurut Oky, ada beberapa perubahan pada pelaksanaan PKM tahun ini. “Dari segi anggaran dan juga teknis pelaksanaan ada perubahan. Kalau biasanya mahasiswa turun langsung ke masyarakat, kali ini pelaksanaan PKM akan berbentuk video atau animasi yang dibuat oleh mahasiswa lalu dikirim ke daerah tempat mereka seharusnya mengabdi,” ungkap saat dihubungi Sabtu (8/8).

Seluruh karya yang lolos didanai kemudian akan berkompetensi lagi untuk mengikuti PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yang akan dilaksanakan di kampus yang menjadi tuan rumah, namun tahun ini kemungkinan besar pelaksanaan PIMNAS pun akan berubah. Meskipun pelaksanaan PKM pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, Oky berharap agar para mahasiswa tetap memiliki semangat yang sama. “Untuk para peserta agar tetap bersemangat mengikuti PKM meskipun kondisinya seperti ini, kampus akan selalu memberikan support dan pastinya memberikan fasilitas bagi mahasiswa,” tambahnya. (ays)