UMY Ikuti Lomba Kontes Robot Indonesia 2020 Secara Daring

Oktober 10, 2020, oleh: Humas UMY

Kontes Robot Indonesia (KRI) merupakan kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang digelar rutin setiap tahunnya. KRI 2020 kali ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia secara online dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sendiri mengikuti dua jenis kategori lomba yaitu Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, yang saat ini sedang dalam tahap penyisihan di tingkat wilayah.

KRI 2020 ini memasuki tahun ke-18 sejak pertama kali diadakan pada tahun 2003, dengan tahun ini diikuti oleh 183 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Namun berbeda dengan biasanya, KRI 2020 harus digelar secara daring atau online, mengingat dunia terkhusus Indonesia masih belum terlepas dari kondisi pandemi Covid-19. Sehingga para peserta harus menyediakan laboratorium atau arena sendiri sebagai tempat untuk mempertontonkan aksi robot mereka, untuk disiarkan secara online.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan AIK Prof. Hilman Latief Ph.D., ditemui di Gedung Olahraga Kampus Terpadu UMY saat meninjau langsung kegiatan perlombaan KRI 2020, mengatakan kampus sangat mendukung tim UMY untuk berprestasi di KRI 2020. “Kami mempunyai komitmen yang kuat untuk mendorong mahasiswa bisa berprestasi di bidang yang mereka tekuni salah satunya dengan mengikuti Kontes Robot Indonesia ini. Dalam beberapa tahun kita sudah ikut berpartisipasi dalam lomba-lomba robotik yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Untuk tahun ini karena situasi pandemi, maka peserta diharuskan menyediakan arena sendiri untuk mempertontonkan aksi robotiknya, kami menyediakan fasilitas ini kepada mereka,” ungkapnya.

KRI Daring 2020 pada masa pandemi tetap diselenggarakan secara bertahap dimulai dengan Kontes Tingkat Wilayah yang diselenggarakan di 2 (dua) wilayah. Wilayah I mencakup Indonesia bagian Barat dan Wilayah II mencakup Indonesia bagian Timur. UMY masuk dalam Wilayah 2 yang agendanya dimulai pada 9-13 Oktober 2020. Sejumlah tim terbaik pada Kontes Tingkat Wilayah akan diundang untuk ikut serta pada Kontes Robot Indonesia 2020 Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada 16-22 November mendatang.

Sementara itu, Dr. (cand.) Muhamad Yusvin Mustar, S.T., M.Eng. dosen Teknik Elektro UMY sekaligus pembimbing tim KRI UMY mengharapkan perlombaan ini menjadi ajang yang tepat bagi mahasiswa meningkatkan kemampuan mereka khususnya di bidang Teknik Elektro. “Dengan mengikuti acara bergengsi seperti KRI yang juga merupakan acara tahunan, dapat dijadikan sebagai ajang pertunjukan kredibilitas mahasiswa, dan juga merealisasikan minat dan bakat mereka di bidang Teknik Elektro. Sebab jika bisa menjadi juara Nasional KRI akan dapat mengantarkan mereka ke Amerika Serikat dan Jerman untuk mewakili Indonesia,” tukasnya. (Hbb)