UMY Film Scholarship Meriahkan Milad 39 Tahun UMY

Februari 24, 2020 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bekerja sama dengan Laboratorium Ilmu Komunikasi (Lab IK) menggelar UMY Film Scholarship. Kegiatan yang merupakan salah satu agenda dari perayaan Milad ke-39 UMY ini ditujukan untuk para pelajar sekolah tingkat SMP dan SMA. Dalam UMY Film Scholarship ini, para peserta akan diberikan workshop mengenai produksi film dan juga program TV. Nantinya, setelah workshop para peserta akan melakukan praktik produksi lalu hasilnya akan dilombakan dan ditayangkan pada kegiatan screening akhir Maret mendatang.

UMY Film Scholarship untuk tingkat SMP telah dilaksakan pada Minggu (23/2) di Laboratorium Ilmu Komunikasi, Gedung Ki Bagus Hadikusumo, UMY. Pada kegiatan ini, para peserta yang merupakan pelajar SMP dari berbagai sekolah di kota Yogyakarta diberikan workshop mengenai produksi program TV. Materi yang diberikan oleh Tim Laboratorium Ilmu Komunikasi dan Dosen Ilmu Komunikasi UMY, Muhammad Muttaqien mencakup teknik-teknik dan juga tips dalam memproduksi program TV. “Acara ini memiliki output bahwa nanti para peserta akan memiliki karya yang akan ditampilkan pada screening nantinya. Tidak hanya itu, diharapkan pengetahuan para peserta juga akan semakin luas mengenai dunia produksi film khususnya program TV,” ungkap Muttaqien saat ditemui setelah memberikan materi workhsop.

Workshop terbagi menjadi tiga sesi berbeda untuk tiga kelompok. Setelah workshop, tiap kelompok kemudian berbagi peran menjadi pemandu acara atau host, kameramen, floor director, dan program director lalu melakukan produksi program TV secara mandiri. Salah satu peserta, Debby mengaku bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan dan menambah ilmu dan minatnya untuk terjun ke dunia produksi film.

Harapannya, kegiatan UMY Film Scholarship yang baru pertama kali diadakan ini akan berlanjut pada tahun-tahun berikutnya sebagai bagian dari rangkaian Milad UMY. Kegiatan yang digelar untuk memeriahkan Milad ke-39 UMY ini juga bertujuan untuk mempromosikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kepada para pelajar. (ays)