UMY Akan Gelar Undergraduate Conference Pertama

Maret 7, 2020 oleh : BHP UMY

Untuk pertama kalinya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta akan menyelenggarakan acara konferensi skripsi atau karya ilmiah dari mahasiswa S1 yang dinamakan sebagai UMY Undergraduate Conference (Grace) pada 18 Agustus 2020 mendatang dengan mengangkat tema ‘Armoring the Youth to the SDGs (Sustainable Development Goals). Pembukaan rangkaian konferensi tersebut ditandai dengan launching logo serta website UMY Grace pada Jumat (6/3) di Lobi AR. Fachruddin A Lantai Dasar Kampus Terpadu UMY.

Penyelenggaraan Undergraduate Conference bertujuan untuk memberikan sebuah wadah bagi mahasiswa agar dapat menuangkan ide-ide atau gagasan yang mereka punya, khususnya skripsi atau karya ilmiah yang memiliki kesempatan untuk dipublikasikan. Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto M.P. menilai bahwa terobosan ini sangat bagus, mengingat sangat jarang karya ilmiah mahasiswa S1 diberi wadah untuk dapat dipublikasikan.

“Kegiatan ini, Undergraduate Conference baru pertama kali dilakukan oleh sebuah perguruan tinggi. Suatu konferensi untuk mewadahi seluruh produk akademik dari mahasiswa tingkat akhir (skripsi) atau laporan karya tulis ilmiah. Ini akan menjadi pembelajaran yang sangat luar biasa bagi mahasiswa untuk mengembangkan pola pikir mereka, sehingga mendapatkan hasil yang produktif, salah satunya skripsi yang berkualitas,” ujar Gunawan di depan audiens yang dihadiri mahasiswa serta dosen UMY.

Nantinya UMY akan memberikan dukungan penuh untuk terselenggaranya acara ini. Namun waktu pelaksanaan yang masih lama membuat Gunawan berpesan agar panitia yang terlibat dapat terus bekerja keras dalam menyukseskan UMY Grace ini. “Kami akan mendukung penuh UMY Grace ini, jadi tunjukkan bahwa kita adalah insan akademik yang bertanggung jawab. Saya sangat mengapresiasi kerja keras mahasiswa untuk keberhasilan acara ini.” imbuhnya.

Sementara itu, ketua pelaksana yang juga Presiden Mahasiswa UMY Muhammad Iqbal Khatami, mengatakan bahwa terkadang mahasiswa tidak berani untuk mencoba terbuka dengan gagasan kreatif yang mereka miliki, sehingga menutup potensi adanya sebuah gagasan menarik yang dapat bermanfaat bagi semua orang. “Saya pikir anak muda tidak miskin gagasan, namun terkadang mereka mematikan gagasannya di kepala saja, tidak dipresentasikan di sebuah wadah yang tepat. Dengan hadirnya UMY Grace ini, diharapkan bisa menumbuhkan semangat mahasiswa untuk menuangkan gagasan mereka dalam bentuk jurnal, skripsi, atau karya ilmiah lainnya,” tutur Iqbal

UMY Grace sendiri memasang target dapat melibatkan 1500 peserta, dengan rincian 1000 dari mahasiswa UMY dan 500 peserta dari kampus lainnya. (hbb)