Total 1.112 Presenter, ICOSI 2020 Berakhir

Oktober 15, 2020, oleh: Humas UMY

Setelah digelar selama 2 hari, International Conference on Sustainable Innovation (ICOSI) 2020 resmi ditutup. Upacara penutupan kembali dilaksanakan secara virtual pada Rabu sore (14/10) melalui platform Microsoft Team dan Streaming Youtube yang disiarkan langsung dari Ruang Sidang Lt. 5, Gedung AR Fachruddin B, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Ari Kusuma Paksi, Ph.D, wakil ketua pelaksana ICOSI 2020 melalui sambutannya mengungkapkan terima kasihnya kepada para peserta yang telah berpartisipasi dalam konferensi ini. “Kami merasa terhormat bahwa anda telah mempercayai kami, ICOSI, sebagai platform untuk membagikan hasil riset anda,” ungkapnya. Ari menambahkan bahwa meskipun sedang berada di tengah masa pandemi, konferensi ini dengan sukses berhasil dilaksanakan secara virtual.

Dengan total 1.112 presentasi yang memiliki topik beragam serta para peserta yang berasal dari berbagai latar belakang, ICOSI 2020 berhasil mengumpulkan berbagai inovasi serta pemikiran yang berkualitas dan berkuantitas. Pencapaian ICOSI 2020 ini juga berhasil dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai konferensi internasional virtual dengan disiplin ilmu terbanyak. Pencapaian ini menurut Wakil Rektor Bidang Urusan Akademik, Dr. Ir. Sukamta, S.T., M.T., IPM, yang hadir untuk secara resmi menutup ICOSI 2020, merupakan sebuah pantikan untuk menjadi lebih produktif lagi.

Saat memberikan sambutan penutupan, Sukamta memberikan ucapan terima kasih kepada para co-host dari ICOSI 2020 yang telah setuju untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan konferensi ini. “Meskipun hanya digelar selama 2 hari, kami berharap bahwa hasil dari diskusi dan sharing yang ada pada konferensi ini dapat memberikan manfaat yang banyak untuk kedepannya,” ungkapnya. Ia menambahkan pula bahwa kesuksesan dari konferensi ini tidak terlepas dari kerja keras para panitia yang bahkan selepas acara masih memiliki tanggung jawab untuk membuat catatan dan mendistribusikan semua paper yang ada pada konferensi ini hingga terpublikasikan dan terindeks scopus. “Semoga kita semua masih dapat bertemu tahun depan, pada perhelatan ICOSI 2021 yang kelima,” tutupnya. (ays)