Prodi Magister Administrasi Rumah Sakit UMY Raih Akreditasi A

Maret 9, 2020 oleh : BHP UMY

Program Studi Magister Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi MARS UMY) telah mendapatkan akreditasi “A” dengan skor 369. Hasil keputusan ini dikeluarkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melalui Surat Keputusan (SK) dengan nomor 002/LAM-PTKes/BA Akr/II/ 2020 pada tanggal 28 Februari 2020. Hasil skor yang dihasilkan oleh MARS melampaui skor minimal yang ditargetkan oleh universitas.

Hal tersebut sebagaiman disampaikan oleh Dr.Suranto,M.Pol., Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) UMY saat ditemui pada hari Senin (9/3) di Ruang Badan Penjaminan Mutu. Ia menyatakan bahwa adanya peningkatan skor akreditasi oleh Prodi MARS. ”Prodi MARS (Magister Administrasi Rumah Sakit) yang dulu bernama MMRS (Magister Manajemen Rumah Sakit) sebelumnya terkareditasi C kemudian terakreditasi B dan saat ini terakreditasi A dengan hasil skor yang sangat memuaskan yaitu dengan nilai 369. Prodi ini yang hanya ada di dua universitas Jogja, yaitu UMY dan UGM menjadikan semakin prestisius dan semakin banyak peminat mahasiswa untuk mendaftar ke prodi tersebut,” paparnya.

Selanjutnya Suranto juga menjelaskan bahwa dari BPM turut mendampingi dan memantau selama proses akreditasi berlangsung. ”Prodi ini dinilai oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) yang memiliki indikator lebih detail, lebih spesifik dan lebih rinci, oleh karena itu kami mendampingi prodi MARS lebih hati-hati dan lebih matang dengan persiapan kurang lebih 6 bulan. Dan Alhamdulillah hasil yang keluar melampui target. Prodi MARS menyusul prodi-prodi ilmu kesehatan lainnya, seperti Program Studi Pendidikan dan Profesi Dokter Gigi, Program Studi Pendidikan dan Profesi Dokter, Program Studi Pendidikan dan Profesi Keperawatan, dan Program Studi Magister Keperawatan dengan akreditasi A,” jelasnya.

Suranto menambahkan bahwa target setelah mendapatkan akreditasi A pada Prodi MARS, yaitu menempatkan ke akreditasi Internasional, yaitu melalui ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).”Untuk target selanjutnya, prodi yang memiliki akreditasi A, termasuk prodi MARS nantinya akan diarahkan untuk mengikuti akreditasi AUN-QA. Untuk saat ini adanya 6 prodi yang difokuskan pada akreditasi AUN-QA, yaitu Prodi Manajemen, Prodi Agro Teknologi, Prodi Teknik Sipil, Prodi Ilmu Pemerintahan, Prodi Pendidikan dan Profesi Keperawatan, dan Prodi Magister Keperawatan,” tutupnya. (Sofia)