Prodi KPI UMY Kirim Mahasiswa ke Malaysia dan Korea Selatan

Agustus 7, 2019 oleh : BHP UMY

Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi KPI UMY) mengirim tujuh orang mahasiswa untuk mengikuti program kemahasiswaan di manca negara. Lima orang mahasiswa akan melakukan aktivitas di Universiti Utara Malaysia (UUM) pada 24 sampai 27 Agustus 2019. Sedangkan dua orang mahasiswa lainnya akan mengikuti program kepemudaan yang dilaksanakan oleh Daegu Health College, Korea Selatan mulai 11 hingga 20 Agustus 2019.

Eko Priyo Purnomo, M.Si., M.Res., Ph.D Kepala Lembaga Kerjasama UMY menjelaskan bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan di Korea Selatan diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai negara. Dalam kurun waktu itu, mereka akan berkesempatan untuk diskusi dan presentasi mengenai kepemimpinan bagi pemuda. Ia juga menuturkan selama di Malaysia, lima orang mahasiswa itu akan melakukan diskusi mengenai permasalahan yang terjadi di berbagai kawasan di tengah era destruktif saat ini dalam kegiatan yang bertajuk ASEAN UNIVERSITY YOUTH SUMMIT 2019 (AUYS 2019).

“Nantinya mereka akan berbaur dengan berbagai peserta dari negara lain. Mereka akan melakukan kegiatan yang bertemakan kepemimpinan. Selain itu mereka juga akan belajar budaya daerah setempat,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/8).

Eko berharap dengan adanya program seperti ini dapat diteruskan oleh mahasiswa lainnya untuk melanjutkan pendidikan di manca negara. “Saya ingin mendorong mahasiswa untuk tidak hanya melakukan program seperti ini saja. Seharusnya setelah mengikuti program yang berdurasi singkat, mereka dapat mendorong diri sendiri atau teman-temannya untuk ikut program yang lebih lama. Hal ini sudah menjadi target dari universitas agar UMY dapat bertengger pada level internasional,” harap dosen Prodi Ilmu Pemerintahan UMY.

Terpisah, Kepala Prodi KPI UMY Twediana Budi Hapsari, S.Sos., M.Si.,Ph.D memaparkan bahwa program ini merupakan bentuk kerjasama antara UMY dengan dua perguruan tinggi terkait. Proses seleksi bagi mahasiswa yang hendak berangkat dilakukan oleh Pimpinan Prodi dan penyelenggara kegiatan secara selektif. “Untuk yang Daegu, proses seleksi oleh penyelenggara dan akomodasi selama di sana ditanggung pihak Daegu Health College. Sedangkan yang di UUM adalah program kerjasama antara UMY (Prodi KPI) dengan UUM dan seleksi diadakan di Prodi,” pungkasnya.

Berikut mahasiswa yang akan berangkat menuju UUM Fajar Irawan Yoga, Fadila AL Firdausi, Syilvia Herlina, Luluk Arifatul Khofiyah dan Hanif Ariansyah. Sedangkan untuk Mega Choerunnisa dan Rahmi Ikrima Sari akan diberangkatkan ke Daegu Health College.(ak)