Berita

Pengaruh Framing Media Terhadap Kepercayaan Masyarakat Kepada Pemerintah Indonesia dalam Mengatasi Covid-19

Program Magister Ilmu Pemerintahan Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan penelitian mengenai framing media, di masa pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi Indonesia saat ini. Tim penelitian yang diketuai oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Internasional UMY, Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc dan dibantu oleh tim peneliti Eko Priyo Purnomo, S.IP., M.Si., M.Res., Ph.D., Christine B. Tenorio, MPA., Abitassha Az Zahra, S.IP mengamati beberapa media online yang memberikan informasi baik positif atau negatif, untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam mengatasi Covid-19.

Penelitian ini mengacu pada pemberitaan media yang dikeluarkan pada bulan Januari 2020 hingga Maret 2020. Ada peningkatan aktivitas masyarakat dalam menanggapi pemberitaan media secara online pada rentang waktu tersebut. Pada bulan januari framing dari berita online menyoroti bahwa pemerintah hanya berfokus pada informasi dasar Covid-19 di China. Pada bulan Februari dan Maret, framing berita online telah menyoroti pada isu terkait kebijakan yang diambil pemerintah untuk menangani pandemi Covid-19.

“Dari hasil penelitian, framing dari berita media online tidak berdampak langsung dalam pembentukan perspektif positif masyarakat terkait pandemi COVID-19 di Indonesia. Malah justru menjadikan persepsi masyarakat yang berbeda-beda dan akan berakibat pada rasa kepercayaan masyarakat kepada pemerintah berkurang.” tutur Nurmandi.

Share This Post

Berita Terkini