Pemimpin Dermawan Punya Integritas Tinggi

Januari 5, 2013 oleh : BHP UMY

SONY DSC

Dari sekaranglah kita mulai belajar untuk saling berbagi, jangan bakhil (kikir). Jika punya rezeki, maka bagikan pada yang membutuhkan, karena seorang pemimpin harus mempunyai jiwa yang dermawan. Dengan kedermawanan tersebut seorang pemimpin akan memiliki integritas yang tinggi dan disegani oleh manusia di sekelilingnya.

Begitulah sambutan yang disampaikan oleh rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Prof. Bambang Cipto, M.A, saat acara pelatihan kepemimpinan pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Meeting Room Wisma Pasca Sarjana UMY, Sabtu (5/1).

Bambang menjelaskan bahwa seorang pemimpin yang berintegritas tinggi selain dermawan juga mempunyai karakter rendah hati dan rajin bangun malam untuk beribadah.

“Seorang pemimpin yang berintegritas tinggi harus mempunyai jiwa yang rendah hati tapi bukan rendah diri. Dan rajinlah untuk bangun malam, sehingga karakter rendah hati tersebut akan selalu terjaga dalam diri, hal itu sesuai dengan perintah Allah dalam surat Al-Furqon tentang karakter seorang pemimpin,” jelas guru besar Hubungan Internasional (HI) UMY ini.

Bambang mengatakan bahwa menjadi pengurus di masa mahasiswa akan memberikan dampak yang luar biasa setelah selesai kuliah nantinya, Karena mahasiswa yang ikut organisasi mempunyai nilai lebih dari mahasiswa lainnya yakni mental.

“Seorang yang sudah pernah menjabat atau mengurus suatu organisasi seperti UKM, akan mendapatkan mental lebih untuk menjabat di pemerintahan nantinya. Bahkan bukan hanya di pemerintahan nasional tapi internasional, jadi kalian yang menjadi pengurus UKM bercita-cita tinggilah untuk ke depannya,” katanya.

Dalam penutupannya Prof. Bambang mengajak pengurus UKM agar bersemangat dan selalu memberikan manfaat baik di lingkungan kampus ataupun luar kampus UMY.

“Mulai dari sekaranglah dibina karakter manusia sejati, yakni memberikan manfaat bagi lingkungan di mana kita berada,” ajaknya. (syah)