PBI UMY Lahirkan 46 Kelompok Wirausaha Muda Melalui Festpreneur

Desember 28, 2019 oleh : BHP UMY

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PBI UMY) kembali mengadakan acara Festpreneur yang merupakan acara tahunan prodi tersebut. Acara yang memiliki tema “The true entrepreneur is a doer, not a dreamer” merupakan acara Festpreneur ke-4 yang diadakan pada hari Sabtu (21/12) di Plaza UMY Boga dengan menghadirkan 46 kelompok wirausaha muda yang memiliki tiga kategori yaitu: creative industry, food and beverage, dan technopreneurship.

Taufik Akbar, MBA, Kepala Divisi SEBI (Student Entrepreneur Business Incubator), dalam sambutannya memberikan motivasi kepada peserta Festpreneur dengan mengajak mereka untuk berbondong-bondong mengikuti program Business Plan Competition yang akan diselenggarakan SEBI tahun 2020. ”Kegiatan ini perlu diapresiasi sebagaimana acara Festpreneur ini mendukung mahasiswa untuk menjadi pengusaha muda. Oleh karena itu, untuk lebih memperkuat skill dalam usaha, mari ikut program Business Plan Competition yang akan diselenggarakan SEBI tahun 2020 agar dapat mendapat pengalaman lebih dalam bidang kewirausahaan,” sambutnya.

Dr. Suryanto, Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa menyampaikan dalam sambutannya terkait dukungan sepenuhnya untuk para calon pengusaha muda di Fakultas Pendidikan Bahasa. ”Acara Festpreneur ini merupakan acara kewirausahaan yang diadakan oleh prodi PBI UMY yang perlu kita dukung sepenuhnya untuk para calon pengusaha muda,” paparnya.

Puthut Ardianto, project manager program acara Festpreneur mengatakan bahwa selama in mahasiswa belum ada gambaran setelah lulus nanti akan melanjutkan karir seperti apa. Oleh karena itu diadakannya Festpreneur mendorong mahasiswa untuk melakukan kegiatan kewirausahaan sebagai bentuk gambaran usaha setelah mahasiswa lulus nanti. ”Saat mahasiswa ditanyakan ingin menjadi apa ketika mereka lulus, sebagian besar dari mereka menjawab ingin menjadi pengusaha, namun saat ditanya di bidang apa, mereka masih belum tahu apa-apa. Oleh karena itu, Festpreneur kali ini ingin mendorong mahasiswa untuk tidak hanya bermimpi namun sungguh-sungguh memulai ide bisnis mereka dari sekarang,” jelasnya.

Dalam upacara pembukaan acara Festpreneur juga diluncurkan Batik Fonetik karya Puthut Ardianto yang diperagakan dalam rangkaian fashion show oleh mahasiswa PBI UMY. Batik Fonetik ini merupakan ide kreatif yang muncul saat mengajar mata kuliah Capita Selecta on Linguistics, dimana salah satu topik bahasanya adalah Phonetics and Phonology. Seringnya di topik ini menjadi momok bagi mahasiswa karena mereka harus menghafalkan simbol-simbol suara yang berbeda dari penulisannya. Oleh karena itu, tujuan dibuatnya Batik Fonetik ini supaya mahasiswa merasa selalu familiar dengan simbol-simbol phonetics dan fun dalam belajar.(Sofia)