MTCC UMY Selenggarakan Pemilihan Duta Anti Rokok

Juni 24, 2013 oleh : BHP UMY

Bagi sejumlah pihak, rokok tetap memiliki dampak berbahaya bagi anak muda, karena akan menimbulkan berbagai resiko bagi kesehatan mereka. Berangkat dari keperihatinan akan dampak bahaya rokok bagi anak muda inilah, Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan menyelenggarakan pemilihan duta anti rokok untuk pelajar SMA/SMK se DIY dan mahasiswa UMY pada bulan Juli 2013 mendatang.

Dianita Sugiyo selaku kordinator acara menjelaskan, acara tersebut diharapkan dapat menjadi sarana edukasi bagi anak muda tentang dampak bahaya rokok. Tingginya perokok usia muda menimbulkan keperihatinan, dimana mereka sangat rentan terhadap berbagai resiko dampak merokok. “Kita prihatin akan dampak yang ditimbulkan rokok khususnya untuk anak muda yang akan menjadi generasi penerus bangsa” jelas Dianita di sekretariat MTCC UMY Wirobrajan, Sabtu sore (22/6).

Lebih lanjut Dianita mengatakan, Di Indonesia khususnya DIY saat ini kegiatan anak muda banyak di sponosori oleh produk rokok, padahal hal tersebut merupakan strategi industri rokok untuk menyasar anak muda. “Kegiatan ini juga untuk memberikan pengetahuan kepada anak muda bahwa mereka menjadi sasaran industri rokok” katanya.

Diharapkan dengan kegiatan itu para peserta yang nantinya akan terpilih, dapat menjadi duta untuk memberikan pemahaman akan bahayanya rokok kepada teman sebaya di lingkungannya. “Kita berharap mereka dapat memberikan pemahaman tentang dampak bahaya rokok kepada peer groupnya” jelasnya.

Tidak hanya di DIY, kedepannya kegiatan yang dapat menjadi agenda tahunan ini akan dilanjutkan ke daerah lain seperti Purwokerto, Magelang, dan Mataram, sehingga sosialisasi akan dampak bahaya rokok untuk generasi muda dapat diperluas. Peserta yang terpilih sebagai duta anti rokok itu, jelas Dianita, akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh MTCC. “Mereka akan kita libatkan dalam kegiatan seperti penyuluhan dan penelitian yang di laksanakan MTCC” tambahnya.

Para peserta duta anti rokok MTCC akan diuji pengetahuannya dalam 3 bidang, diantaranya tobacco control, hubungan Islam dengan perilaku merokok, dan narkoba. Kategori peserta dalam lomba ini akan dibedakan menjadi dua yaitu peserta tingkat SMA/SMK yang dapat diikuti oleh pelajar se-DIY dan tingkat mahasiswa yang hanya di peruntukkan bagi mahasiswa dan mahasiswi UMY. Bagi yang berminat dapat mendaftarkan diri di sekretariat MTCC gedung AMC lantai 2 Wirobrajan. Pendaftaran ini tidak dipungut biaya dan dibuka sampai tanggal 29 Juni 2013.